merawat ayam
Berita Sabung Ayam

10 Kesalahan yang perlu di hindarin dalam merawat ayam aduan anda.

 merawat ayam
merawat ayam

Sabung Ayam Online – Bagi para pecinta ayam aduan yang baru ingin memulai merawat ayam ada beberapa hal yang perlu di perhatikan, agar anda tidak salah kaprah atau keliru karena merawat ayam aduan ini gampang-gampang susah. Sebab bisa berakibat fatal yang bisa merugikan anda. Mau untung ehh malah buntung oleh karena itu mari kita ulas sedikit hal-hal yang perlu kita hindarin dalam merawat ayam aduan.

Baca Juga : Kematian massal pada ayam tidak selalu disebabkan karena Flu Burung.

10 Kesalahan merawat ayam aduan yang harus di hindarin :
1. Memandikan ayam yang belum cukup umur, buat ayam muda yang masih di bawah umur 3 bulan tidak perlu di mandi kan, tunggu saja sampai pertumbuhan bulu selesai cukup di perhatikan saja pakan dan asupan vitamin nya.

2. Memandikan ayam dengan air hangat, dapat menyebabkan ayam itu bantat/cebol karena pertumbuhan bulu nya terhambat. Tapi kalau sekedar untuk membersihkan luka tidak apa-apa menggunakan air hangat.

3. Melatih ayam yang belum cukup umur, usia yang tepat untuk melatih ayam adalah umur 7 bulan keatas, jadi buat para botoh di harapkan bersabar kalau anda tidak mau ayam muda malah rusak dan cedera.

4. Mengangkat ayam dengan memegang bulu ekor pada ayam, pada bagian ekor ini terdapat bagian yang mengandung minyak atau peli ayam yang sangat sensitif dan apabila pecah dapat menyebabkan ayam sakit bahkan mati.

5. Melatih ayam dengan mengangkat dan melemparkan nya ke udara, cara ini memiliki resiko yang sangat tinggi dengan cara ayam diangkat 1 meter keatas kemudian di lemparkan. Latihan ini tidak perlu dilakukan karena bisa saja membuat kaki ayam keseleo atau patah.

6. Menjemur ayam secara berlebihan, durasi yang tepat menjemur ayam sekitar 3-4 jam saja itu pun sekitar pukul 08.00 – 11.00 tidak boleh terlalu lama sebab berpengaruh pada nafas dan stamina ayam.

7. Memilih lawan saat latihan, sebaiknya pilih lah lawan yang imbang dengan ayam yang usia nya tidak terlalu jauh. Supaya ayam tidak terlalu kaget dan cedera yang membuat ayam nanti nya terkena penyakit turun urat, sakit kuning dan turun mental.

8. Kurang nya perawatan setelah ayam selesai latihan, bagian yang terpenting adalah membersihkan bekas luka agar tidak terinfeksi untuk menghindarin penyakit seperti bubul, kurap dan ngorok.

9. Waktu latihan yang terlalu berlebihan, dalam melatih ayam aduan anda sebaiknya jangan terlalu di press, karena sangat di sayangkan jika ayam aduan anda rusak.

10. Kesalahan saat melagakan ayam, sebaiknya kita membawa ayam aduan kita ketika benar- benar siap di adu. Jangan terlalu ambisi dan percaya diri bahwa ayam kita menang dan terkadang kita kurang selektif dalam memilih lawan.

Baca Juga : Perawatan ayam aduan tidak semua harus mahal.

Ini merupakan sebagian dari saran saya buat para botoh yang benar-benar memperhatikan ayam aduan kesayangan nya, Semua butuh proses dan ketelatenan untuk membuahkan hasil yang maksimal. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat para semua pecinta ayam aduan =)

Related Post