Berita Sabung Ayam

Perawatan Ayam Bangkok Agar Juara Terus

Sabung Ayam Online – Tips Untuk Merawat Ayam Bangkok Agar Juara Terus

Ayam Bangkok jantan pada umumnya adalah ayam yang sudah secara alamiah menjadi seekor ayam untuk bertarung melawan ayam Bangkok lainnya. Banyaknya jenis ayam aduan termasuk banyaknya kemampuan dalam bertarung. Teknik bertarung dan kelebihan yang masing-masing ayam itu miliki menjadi sebuah senjata utama dalam pertarungan pada arena sabung ayam. Banyak sekali jenis ayam Bangkok yang memiliki kemampuan super pada saat ayam tersebut di adu dengan ayam jantan lainnya.

Juara terus

Di Indonesia memiliki banyak sekali penggemar ayam dan bobotoh yang merawat ayam jantan dengan sangat baik serta melatih ayam mereka agar dapat bertarung dengan baik. Komunitas-komunitas ayam aduan Bangkok juga sudah sangat banyak sekali terdapat dibeberapa daerah di Indonesia. Mereka yang gemar akan merawat ayam Bangkok biasanya memiliki grup atau komunitas khusus untuk saling berbagi pengalaman dalam merawat ayam mereka. Di Indonesia sendiri memang ayam Bangkok yang paling sering menjadi andalan untuk di rawat dan dibesarkan. Namun bukan berarti tidak ada ayam jenis lain yang di rawat di Indonesia. Banyak juga jenis ayam jantan yang dirawat dan dibesarkan oleh para penghobi sabung ayam Indonesia seperti ayam Birma, ayam Brazil, ayam Jago Lokal dan masih banyak lagi jenis ayam lainnya.

Tips Untuk Merawat Ayam Bangkok Agar Juara Terus :

Ayam Bangkok Aduan

Ayam Bangkok sudah sangat populer di Indonesia dan biasa digunakan sebagai ayam aduan pada laga sabung ayam yang biasa di selenggarakan sebagai hiburan dan juga terkadang sebagai sarana perjudian. Ayam Bangkok banyak digunakan para penghobi sabung ayam karena ayam tersebut sangat handal dalam menampilkan pertarungan yang menarik pada arena laga sabung ayam. Namun faktanya, beberapa penghobi ayam juga ada yang mengkawin silangkan ayam Bangkok dengan ayam lokal sehingga gen nya menjadi tercampur dan kemungkinan bahwa kemampuan ayam Bangkok itu sendiri tidaklah tinggi. Jenis ayam Bangkok yang sudah campuran ini biasanya memiliki sedikit kemampuan saja dari indukan jantannya. Ayam Bangkok yang sudah campuran kawin silang dengan ayam lokal biasanya memiliki bentuk tubuh yang berbeda dengan ayam Bangkok asli yang memiliki bentuk tubuh yang bagus dan tulangan yang kokoh. Ayam Bangkok asli dan belum dikawin silangkan dengan ayam lokal biasanya disebut dengan nama Ayam Bangkok Thailand. Ayam Bangkok Thailand merupakan ayam Bangkok yang berasal dari Thailand dan hal ini yang membuat ayam Bangkok ini menjadi sangat tinggi harga jualnya.

Setiap ayam Bangkok memiliki kemampuan bertarungnya masing-masing. Bukan berarti karena satu keturunan maka hanya memiliki satu teknik saja. Ayam Bangkok memiliki banyak sekali teknik yang variatif dalam melakukan pertempuran di arena sabung ayam. Teknik yang dimiliki ayam Bangkok diantaranya adalah teknik pukul lari, ngalung, selusup dan teknik tipuan. Umumnya para penghobi ayam melakukan latihan yang intensif pada ayam mereka, sehingga ayam tersebut memiliki kemampuan yang sangat tinggi pada saat bertarung diarena sabung ayam.

Latihan untuk ayam Bangkok aduan juga biasanya tidaklah sebentar. Untuk ayam aduan yang akan dapat ditandingkan pada arena sabung ayam membutuhkan waktu sekitar 6-7 bulan untuk masa pelatihannya. Pada masa tersebut, ayam Bangkok akan lebih menonjolkan kemampuannya dengan sangat baik.

Dan untuk anda yang baru saja memulai hobi untuk merawat ayam Bangkok aduan, perhatikan terlebih dahulu ayam Bangkok yang akan anda beli. Pastikan bahwa ayam Bangkok yang akan anda beli dan rawat ialah ayam Bangkok yang asli dan bukan ayam Bangkok abal-abal sehingga anda tidak kecewa pada ayam tersebut karena pertarungannya tidak begitu baik.

Ayam Bangkok Juara Terus dapat diperhatikan untuk hal berikut :

Anakan ayam Bangkok :

Postur tubuhnya tinggi dan berbadan tegap
Bentuk kepala mirip dengan kepala burung jalak
Memiliki leher yang lebih panjang dari ayam umumnya
Memiliki garis pada paruh yang menyerupai Rajawali
Bentuk mata bulat dan jernih
Mata agak menonjol kedalam
Alis yang menonjol keluar
Kaki dengan tulang berbentuk bulat
Tulangan pada lehernya rapih dan besar kuat
Sisik kaki besar dan kering, jari-jari pada kaki panjang
Struktur tulang pada dada ayam besar dan tebal
Bagian punggung juga memiliki struktur tulangan yang rapih

Ayam Bangkok Dewasa :

Memiliki batok kepala yang besar dan kuat
Mempunyai bulu yang mengkilap dan kaku pada bagian sayap dan ekor
Kepala berbentuk seperti buah pinang
Bentuk mata cekung dan jernih
Paruh yang besar dan kuat serta melengkung
Lubang hidung ayam masuk kedalam
Sisik kaki ayam besar dan kasar
Memiliki jari kaki yang kecil, panjang dan kuat
Pukulan yang dimiliki sangat kuat dan akurat
Struktur tulang pada sayapnya sangat kuat
Postur tubuh yang gagah pada saat sedang berdiri

  • Perawatan Ayam Bangkok Agar Juara Terus

Perawatan untuk ayam Bangkok ini dapat dikatakan gampang-gampang susah. Menurut Agen Sabung Ayam, untuk merawat ayam Bangkok itu sama semudah merawat ayam lokal, namun memerlukan kesabaran dan perhatian extra pada ayam Bangkok agar hasilnya memuaskan. Merawat ayam Bangkok memerlukan waktu yang lebih lama agar tercipta ayam Bangkok yang menjadi juara terus, jadi jika anda bukan orang yang sabar dan tekun dalam merawat ayam sebaiknya anda jangan membeli ayam Bangkok. Bagaimana cara menciptakan ayam Bangkok yang dapat menjadi juara terus :

  • MAKANAN AYAM / PAKAN

Penting untuk anda mengetahui tentang makanan / pakan apa yang paling cocok untuk diberikan pada ayam Bangkok. Faktor yang paling menunjang tumbuh kembang ayam atau unggas lainnya adalah pakan. Pakan menjadi sumber energy utama bagi ayam Bangkok, efeknya adalah mempengaruhi perilaku dan perkembangan ayam.

Pemberian pakan harus disesuaikan dengan bobot dari ayam anda. Jika ayam memiliki bobot 3-4 kg, maka kompisisi pakan yang paling sesuai adalah 200-300 gram untuk setiap kali pemberian makan. Pakan ini biasanya juga tidak sekaligus habis dimakan oleh ayam tersebut. Mood makan ayam juga akan mempengaruhi pakan yang anda berikan kepadanya.

Anda dapat memberikan ayam anda beberapa vitamin dan juga suplemen agar ayam tersebut dapat tumbuh dengan baik dan kuat. Untuk pemberian vitamin, ada baiknya jika anda memberikan ayam anda vitamin pada saat malam hari agar setelah pemberian vitamin, ayam dapat beristirahat dan vitamin tersebut dapat larut dalam tubuh ayam dengan sempurna.

  • MEMANDIKAN AYAM

Untuk menjaga kesehatan dan kesegaran dari ayam, anda perlu juga memandikan ayam anda setiap harinya. Penting untuk anda yang masih baru dalam perawatan ayam untuk mengetahui cara memandikan ayam dengan benar. Jika anda ingin memandikan ayam anda, sebaiknya memandikan ayam tersebut pada pkl. 08.00 pagi. Karena setelah dimandikan, ayam dapat anda jemur agar lebih cepat kering bulunya. Cara memandikan ayam yang benar adalah dengan menggunakan air bersih dan tidak menggunakan sabun atau menggunakan air panas karena akan merusak regenerasi dari bulu ayam anda. Kemudian bagaimana cara memandikan ayam anda dengan benar, berikut Agen Sabung Ayam akan memberikan caranya :

Peganglah ayam dengan cara menjepitnya pada kedua kaki anda, kemudian mulailah basuh ayam anda dengan menggunakan busa yang sudah di basahi oleh air dari bagian kepalanya.
Kemudian basuhlah bagian leher hingga pangkal tengkuk ayam anda.
Setelah dibasuh dengan air, lanjutkan menggunakan kain kering untuk mengelap bagian leher hingga dada ayam tersebut. Usaplah dengan perlahan agar warna bulu dan kandungan didalamnya tidak menjadi rusak.
Usap juga bagian yang berada dekat kloaka dari ayam anda karena mungkin akan terdapat bekas kotoran yang dikeluarkan disana.
Basuh juga bagian sayap anda dengan menggunakan busa yang sudah diberikan air dan kemudian keringkan dengan handuk kering.
Kemudian bersihkan juga bagian dubur ayam anda dari bekas kotoran.
Jangan terlalu sering untuk memandikan bagian punggung ayam anda karena bagian tersebut sangat mudah kusam.
Gunakan handuk bersih dan kering pada saat ingin membasuh bulu ayam anda untuk mengeringkan air yang terdapat dibulunya.

  • MENJEMUR AYAM

Setelah melakukan proses membersihkan badan ayam dengan cara memandikannya, selanjutnya anda harus menjemur ayam anda dibawah sinar matahari. Cara ini digunakan untuk membuat ayam yang anda mandikan bulunya cepat kering. Ayam yang dimandikan juga biasanya akan merasa kedinginan, oleh sebab itu dengan menjemurnya maka diharapkan ayam tidak akan merasa kedinginan. Gunakan kandang lingkar untuk menjemur ayam anda dibawah sinar matahari dan letakan juga karung dibagian bawah kandang untuk mencegah ayam anda guling-guling pada tanah yang menyebabkan bulunya menjadi kotor lagi.

Proses menjemur ayam sebaiknya disesuaikan saja dengan kondisi ayam, jika ayam sudah terasa tidak terlalu basah pada bulunya maka segera pindahkan ayam tersebut kedalam kandang istirahat. Untuk anda yang masih beru dalam merawat ayam, sebaiknya anda tidak memandikan ayam anda dengan cara asal-asal atau dengan menceburkan ayam anda kedalam ember dengan banyak air karena beresiko ayam anda bulunya akan rusak.
Meningkatkan Stamina dan Otot ayam agar Juara Terus

Umumnya ayam yang akan ditandingkan pada arena laga sabung ayam akan dilatih selama 6-7 atau hingga ayam tersebut dianggap layak untuk dapat diturunkan pada arena laga. Para penghobi ayam dan juga bobotoh akan berfokus untuk dapat mengembangkan ayam miliknya hingga mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Merawat ayam bagi para bobotoh sama seperti merawat dan melatih seorang atlit olah raga.

Aneka latihan fisik dan otot dilakukan oleh para penghobi ayam kepada ayam miliknya agar ayam tersebut menjadi ayam petarung handal. Ayam juga dilatih agar dapat memiliki nafas yang kuat dan bagus, agar pada saat akan ditandingkan ayam tersebut tidak akan ngos-ngosan. Biasanya penghobi ayam juga akan melakukan latih tanding pada ayamnya dengan menggunakan lawan ayam jago lokal. Hal ini untuk membuat mental ayam Bangkok menjadi lebih tinggi dan berani bertarung habis-habisan.

Related Post