8 Perbedaan Fisik Hingga Gaya Tarung Ayam Pukul dan Ayam Jalu
Berita Sabung Ayam

8 Perbedaan Fisik Hingga Gaya Tarung Ayam Pukul dan Ayam Jalu

Sabung Ayam Online-Sebagai para pecinta sabung ayam, tentunya para bobotoh sudah mengetahui yang namanya ayam jalu dan juga ayam pukul. Ayam jalu sendiri biasanya ditarungkan dengan jenis jalu lainnya yang kerap dikaitkan dengan pisau atau taji pada jalunya.

Sementara ayam pukul adalah jenis ayam yang tak memiliki jalu yang runcing dan tidak dipasangkan pisau pada tajinya dan memiliki bobot yang lebih besar dari ayam jalu. Jadi tak heran jika laga ayam pukul biasanya akan memakan waktu yang cukup lama, berbeda dengan ayam jalu yang memiliki waktu singkat dalam setiap laganya.

Lalu apa saja perbedaan pada ayam jalu dan juga ayam pukul? Maka langsung saja kita bahas perbedaannya dalam artikel kali ini mengenai 8 Perbedaan Jenis Ayam Pukul dan Ayam jalu.

8 Perbedaan Fisik Hingga Gaya Tarung Ayam Pukul dan Ayam Jalu

1. Gaya Tarung

Dalam segi gaya tarung, biasanya ayam jalu memiliki gaya tarung yang lincah dan juga gesit atau kerap dikenal dengan gaya slugger. Sementara untuk ayam pukul biasanya menggunakan teknik kontrol.

2. Cara Bertarung

Dari segi cara bertarung, ayam jalu lebih agresif dan memukul dibagian vital lawannya dengan terarah, sementara ayam pukul sendiri kerap menggunakan teknik kunci sebagai cara tarung utamanya.

3. Bentuk Kepala

Bentuk kepala jenis ayam jalu lebih kecil dan agak panjang disertai dengan jengger tipis dan lentur. Sedangkan untuk ayam pukul memiliki ukuran kepala yang lebih besar dari ayam jalu dengan jengger yang kecil dan kaku.

4. Bentuk Mata

Mata pada ayam jalu tergolong memiliki bentuk yang kecil dan cekung kedalamm, sementara ayam pukul memiliki bentuk mata yang jernih dengan tulang alis yang menonjol.

5. Bentuk Paruh

Bentuk paruh pada ayam jalu lebih panjang jika dibandingkan dengan ayam pukul yang memiliki paruh yang pendek.

6. Bentuk Tubuh

Ayam jalu memiliki bobot tubuh yang ramping dengan leher yang panjang, sementara ayam pukul dominan memiliki bentuk tubuh dengan tulang yang kekar dan otot yang besar dibagian bahu dan leher sampai kepangkal sayapnya.

7. Umur Siap Tarung

Untuk ditarungkan, ayam jalu bisa dimulai dengan usia 18 bulan sedangkan untuk ayam pukul lebih cepat dari ayam jalu yang sudah ditarungkan pada usia 12 bulan.

8. Ciri bulu

Bulu sayap ayam jalu cukup lebat dan tipis-tipis guna menunjang manuver udara. Bulu ayam pukul lebat, mengkilat dan kaku.

Demikianlah uraian 8 Perbedaan Fisik Hingga Gaya Tarung Ayam Pukul dan Ayam Jalu . Semoga berguna bagi semua pecinta sabung ayam.