Katuranggan Ayam Suro
Berita Sabung Ayam

9 Jenis Katuranggan Ayam Suro Menurut Primbon Jawa

9 Jenis Katuranggan Ayam Suro Menurut Primbon Jawa. Di wilayah jawa terdapat sebuah tradisi ayam aduan yang sudah terkenal diseluruh Indonesia. Yang dimana terdapat kitab primbon jawa katuranggan ayam bangkok aduan yang berisi tentang ciri-ciri serta pembahasan mengenai ayam bangkok yang berkualitas dalam hal bertarung maupun dalam hal lainnya. Dan salah satu pembahasan didalam kitab primbon adalah 9 jenis katuranggan ayam bangkok suro.

Ayam bangkok suro katuranggan dipercayai memiliki kekuatan mistis yang kuat. Ayam suro ini juga diyakini mempunyai derajad dan pamor yang lebih tinggi dari ayam aduan lainnya. Menurut informasi para bobotoh di dalam arena pertandingan, bahwa ayam suro hanya bisa diimbangi oleh ayam jenis suro saja.

Memang banyak jenis katuranggan suro pada ayam aduan. Namun ada 9 jenis katuranggan suro yang paling ditakuti oleh kalangan penghobi Sabung Ayam. Nah kali ini kami dari tim Juara Sabung Ayam akan membahas mengenai 9 jenis katuranggan ayam suro.

Mengenal 9 Jenis Katuranggan Ayam Suro Menurut Primbon Jawa :

    1. Ayam Suro Cempaka

      Ayam ini mempunyai ciri khas yang bisa dilihat dari warna bulu serta ulesnya berwarna putih agak kehijauan, yang biasanya disebut juga dengan Wido Cempaka. Jika ekornya berwarna relatif putih dan hitam, biasa disebut dengan buntut mubal. Dan jika mempunyai jalu yang melengkung serta runcing ke atas, itu dinamakan jalu centel. Dan yang terakhir apabila ayam memiliki jengger yang terbelah tiga, itu disebut sebagai jengger tigan. Keunggulan yang dimiliki ayam suro cempaka yaitu derajat, pamor serta wibawa yang sangat tinggi.

    2. Suro Bungkus

      Ciri khusus ayam bangkok ini ialah mempunyai bulu ules atau blorok. Jalu bungkus serta kaki berwarna hitam. Keunggulan ayam suro bungkus ini ada pada pukulan, karena pukulannya dapat mematikan lawan.

    3. Ayam Suro Pengantin

      Ayam suro pengantin mempunyai dua bulu yang terdapat di bagian ekor yang lebih panjang jika dibandingkan dengan bulu lainnya. Keunggulan nya adalah pukulan yang sangat akurat dan juga gesit. Ayam ini juga sangat cerdik dalam menghindari pukulan dari lawan.

    4. Suro Koyor

      Ayam suro kopyor memiliki ciri khusus, apabila di goyang akan berbunyi serta terdengar suara air di dalamnya. Hampir mirip seperti gita menggoyangkan kepala yang sudah tua. Keunggulan yang dimiliki ayam ini yaitu kekuatan nya terhadap serangan dan juga pukulan lawan. pukulannya dapat menciutkan mental lawan .

    5. Ayam Suro Ireng

      Katuranggan suro ireng ini mempunyai ciri khusus yang dominan berwarna hitam. Dan bulu rawisnya berwarna wiring merah hati, yang biasa disebut dengan ules galih. memiliki kelopak mata warna hitam, mempunyai jalu yang panjang tetapi tidak tajam. Dan juga mempunyai jengger tigan serta kaki berwarna hitam. Keunggulan yang terdapat pada ayam aduan suro ireng ini adalah mempunyai pukulan keras yang terasa pedas dan menyakitkan.

    6. Suro Petir

      Ciri khusus yang dimiliki ayam bangkok suro petir ini ialah mempunyai sisik di bagian jari tengah, yang pecah dan terbelah dua. Keunggulan ayam suro petir yaitu pukulan yang sangat cepat serta menyakitkan.

    7. Ayam Suro Dukun

      Ayam ini mempunyai bulu ekor yang lebih panjang pada bagian tengah. Keunggulan ayam suro dukun ini yaitu pukulan yang bisa merusak sistem saraf otak lawan dan pukulannya juga cukup mematikan.

    8. Suro Tanjung Karang

      Ayam ini mempunyai jalu atau taji bersusun. Keunggulannya ialah memiliki pukulan yang keras dan berat. Lawan akan terkejut dan turun mental apabila terkena pukulannya.

    9. Ayam Suro Teleh

      Ciri khas dari ayam ini ialah mempunyai dua kantong nasi atau memiliki dua teleh. Ayam suro teleh ini mempunyai mental baja, dan tidak gampang menyerah walaupun dalam keadaan terdesak.

Demikianlah “9 Jenis Katuranggan Ayam Suro Menurut Primbon Jawa“. yang dikutip dari Juara Sabung Ayam. Semoga ini bermanfaat untuk para bobotoh dan penggemar sabung ayam lainnya.