atasi bau kotoran pada ayam dengan mudah dan cepat
Berita Sabung Ayam

Atasi Bau Kotoran Pada Ayam Dengan Mudah Dan Cepat

Sabung Ayam Online-Dalam merawat ayam aduan tentunya banyak sekali perawatan-perawatan yang kita lakukan guna untuk mendorong kualitas tarung pada sang ayam.

Namun tak jarang pula sebagai bobotoh kita sering kali mengalami kesulitan dalam melakukan sejumlah perawatan tersebut. Salah satu contoh utama seperti mengatasi bau kotoran pada ayam.

Bau kotoran pada ayam sering kali mengganggu lingkungan disekitar nya, yang biasanya dapat membuat timbulnya lalat dan juga beberapa virus dan bakteri, yang dapat menyerang kekebalan tubuh pada ayam secara cepat.

Jika dibiarkan tentu saja nantinya dapat menimbulkan masalah bagi kesehatan pada sang ayam dan juga merusak lingkungan di sekitarnya. Maka pada artikel kali ini kami akan membagikan info mengenai cara untuk mengatasi bau kotoran pada ayam.

Atasi Bau Kotoran Pada Ayam Dengan Mudah Dan Cepat

1. Letak Kandang

Cara utama yang paling efektif untuk mencegah bau kotoran ayam adalah letak pada kandang ayam tersebut. Penempatan kandang ayam didaerah yang terkena sinar matahari dapat menjaga kondisi pada kandang tersebut tetap kering, sehingga tidak menimbulkan bau yang menyengat.

2. Kebersihan Pada Kandang Ayam

Selain letak kandang, kebersihan pada tempat tinggal ayam tersebut juga harus diperhatikan. Kandang ayam yang rutin dibersihkan tentunya tidak akan menimbulkan efek bau kotoran ayam tersebut.

Bobotoh juga disarankan untuk langsung membersihkan kotoran ayam tersebut dengan cara dibakar atau dikubur, karena jika dibiarkan terlalu lama kotoran tersebut dapat menimbulkan bau yang tidak sedap dan menimbulkan lalat dan berbagai bakteri.

3. Memanfaatkan Kunyit

Selain efektif untuk penyembukan luka pada ayam, kunyit juga dapat membantu bobotoh untuk mengurangi bau tidak sedap pada kotorn ayam. Untuk prosesnya bobotoh bisa lakukan dengan cara mencampurkan kunyit yang sudah dihaluskan kedalam pakan dengan takaran 1/4 potong kunyit untuk 1 kg pakan.

4. Pemakaian Probiotik

Pemakaian probiotik ini dapat bobotoh gunakan dengan dua cara, yang pertama bobotoh bisa campurkan langsung kedalam pakan sang ayam atau cara kedua bobotoh bisa langsung semprotkan dikotoran ayam serta kandang atau tempat tinggalnya.

Demikian uraian tentang ‘Atasi Bau Kotoran Pada Ayam Dengan Mudah Dan Cepat‘. Semoga berguna bagi semua pecinta sabung ayam.

Related Post