Berita Sabung Ayam

Ayam Bangkok Bosku Sakit Mata? Ini Resepnya!

Sabung Ayam – Ayam Bangkok kesayangan sakit mata? Tenang Bosku, berikut akan dibahas beberapa cara mengobatinya. Penyakit sakit mata pada ayam merupakan salah satu penyakit yang biasa sering membuat para peternak ayam bangkok kalang kabut.

Beberapa ciri-ciri ayam bangkok yang terkena sakit mata bisa terlihat dari adanya bengkak, berair, merah, luka terlihat sayu dan ada serat di dalamnya. Kebersihan kandang yang kurang diperhatikan adalah salah satu faktor mengapa ayam bangkok terkena sakit mata.

BACA JUGA : 10 Jenis Ayam Hias Yang di Pelihara di Indonesia

Jika ayam bangkok sudah terkena penyakit ini, disarankan agar para peternak untuk segera di atasi karena bila tidak penyakit ini dapat cepat menular ke ayam lain melalui virus dan bakteri. Obat khusus yang diberikan kepada ayam yang masih muda maupun dewasa dan di isolasi setidaknya juga dapat menjadi cara jitu untuk perawatan yang maksimal.

Penyakit ayam jenis ini menimbulkan beberapa macam gejala, antara lain :
1. Secara drastis berat badan akan cepat menurun
2. Kesulitan dalam mencari pakan
3. Ayam akan menjadi malas terlihat dari hawanya.
4. Ayam jarang mau berdiri

Kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa resep untuk mengobati sakit mata pada ayam. Obat mata manusia bisa menjadi cara untuk menyembuhkan penyakit pada ayam yang baru atau belum parah terinfeksi. Pemberian obat mata harus diperhatikan, cukup astu tetes saja dan tepat serta mampu diserap oleh mata ayam. lakukan secara rutin setiap hari saat pagi dan sore sampai mata ayam benar-benar sembuh.

BACA JUGA : Cara Mengobati Penyakit Berak Kapur Pada Ayam Bangkok

Para peternak juga dapat menggunakan cara tradisional dengan daun Meniran. Caranya dengan meremas daun tersebut hingga halus kemudian tambahkan air secukupnya setelah utu teteskan airnya ke mata ayam yang sakit.

Jika penyakit ayam sudah parah, kita bisa membelikan obat khusus untuk mata ayam (Eye Chick) yang tersedia di toko khusus unggas.

Demikian cara mengobati mata ayam bangkok yang terkena penyakit mata. Semoga dapat bermanfaat serta membantu para peternak atau para bosku semua. Salam Juara303.co ^^

BACA JUGA : Tips Membuat Bulu Ayam Bangkok Agar Terlihat Mengkilat

 

Related Post