Berita Sabung Ayam

Ayam Ciparage Ayam Aduan Asli Yang Melegenda

Sabung Ayam Online – Ayam Ciparage Ayam Aduan Asli Yang Melegenda. Ayam Ciparage merupakan ayam aduan asli Indonesia yang melegenda. Ayam aduan ini merupakan ayam laga lokal yang terbaik,berasal dari dusun Ciparage, Desa Cilamaya, Kabupaten Karawang Jawa Barat.

Berdasarkan sejarahnya, ayam Ciparage ayam aduan asli Indonesia ini merupakan keturunan ayam laga milik Adipati Singaperbangsa yang tersohor pada jaman dahulu. Populasi ayam Ciparage ini tidak terdata dengan pasti, sehingga oleh sebagian ahli sejarah menganggapnya telah punah.

Adapun postur tubuh ayam aduan Ciparage yang asli sekilas terlihat hampir menyerupai ayam Bangkok, tetapi sebenarnya memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil namun proporsional dan terlihat gagah dan kokoh. Memiliki bulu yang lebat mengkilap, sayap yang besar serta bulu ekor yang panjang. Bentuk kepala berukuran sedang dengan pial dan gelambir yang kecil, tumbuh agak condong kedepan dan berbentuk mirip buah strawberry atau chusion.

Baca Juga : Arti Nama Serta Kelebihan Ayam Bangkok Wangkas Geni

Ayam Ciparage ini memiliki paruh yang pendek, agak melengkung dan runcing. Bentuk kaki lebih pendek, tampak kokoh dengan warna kuning kemerah-merahan dengan taji yang besar dan runcing. Sorot mata penuh kewaspadaan dan tajam. Dengan berat badan sekitar 2 – 3 kg.

Ayam jenis Ciparage yang asli memiliki 2 tipe warna bulunya, yaitu: tipe Jalak dimana seluruh tubuh ditumbuhi bulu berwarna hitam mengkilat kecuali bulu leher dengan warna kemerahan dan tipe Jali Emas dengan warna bulu lebih cenderung berwarna coklat keemasan.

Berdasarkan fakta yang terlihat diarena pertarungan, dapat diketahui bahwa ayam jenis ini mempunyai gaya tarung yang gesit dan lincah seperti ayam Birma. Pukulan tajinya cepat dan akurat dan mengarah ke kepala serta leher lawan. Gaya bertarung seperti ini dapat mematikan bagi lawannya dengan ukuran tubuh yang sama dengannya. Terkadang ayam Ciparage juga dapat menumbangkan ayam lawan yang berpostur lebih besar darinya.

Populasi ayam aduan Ciparage yang berdarah murni (asli) semakin menurun karena kurang adanya pelestarian terhadap ayam jenis ini, serta semakin banyaknya peternak ataupun para penghobi sabung ayam yang mengawin silangkan ayam Ciparage dengan ayam aduan jenis lainnya untuk mendapatkan turunan ayam aduan yang lebih unggul.

Pada saat sekarang ini, diketahui hanya tinggal beberapa peternakan yang masih berupaya membudidayakan ayam Ciparage ini, dengan harapan semoga kedepannya muncul lebih banyak lagi peternakan-peternakan yang juga melestarikan jenis ayam lokal asli Indonesia.

Salam, MA

Related Post