Ayam Hias Onagadori
Berita Sabung Ayam

Ayam Hias Onagadori Langka Si Pemilik Ekor Panjang

Sabung Ayam Online – Ayam Hias Onagadori merupakan ayam hias asal Jepang, dengan warna putih bersih. Ayam Onagadori merupakan salah satu ayam yang tergolong langka dan unik. Ayam Onagadori yang memiliki ekor sepanjang hingga 20 meter menjadi salah satu dari 17 spesies asli dari Negri sakura tersebut.

Ayam  Hias Onagadori jenis ini juga dikembangbiakkan di Indonesia, namun beda nya panjang bulu ekor ayam ini hanya dapat mencapai 1,5 meter saja. Dan hanya ayam jantan saja yang memiliki ekor panjang tersebut.

Di tempat asalnya sendiri, ayam ini mempunyai kedudukan dan gelar yang terhormat. Pasalnya, Kaisar Jepang rupa nya memelihara ayam sejenis ini. Hal ini dikarenakan ayam Onagadori merupakan ayam yang sangat unik, maka pemerintah Jepang pun menjaga dan mengembangbiakkan ayam ini dan ayam Onagadori termasuk jenis unggas yang dilindungi.

Jenis ayam ini termasuk manja, karena ayam ini akan mogok makan jika diberikan makanan yang tidak biasa ia makan. Perawatan ayam onagadori juga terbilang susah. Kita harus memisahkan ayam ini dengan ayam lain, karena jika tidak ayam ini dapat bertarung dengan ayam lain sehingga dapat merusak ekornya.

Dan juga terdapat perbedaan dalam memelihara ayam jantan dan betina Onagadori. Untuk ayam yang jantan harus dibuat dengan khusus yaitu dengan dibuat sempit menyerupai almari, hal ini dikarenakan untuk menjaga ekor ayam Onagadori yang menyentuh tanah tidak kotor dan ayam tidak banyak bergerak sehingga ekor tetap terlihat indah. Nmaun juga jangan terlalu sempit ya, karena dapat membuat ayam menjadi tertatih-tatih sehingga berdampak buruk bagi ayam.

Untuk jenis pakan nya, dapat diberikan beras merah dan jagung. Untuk ekor nya sendiri butuh waktu hingga sekitar 3 tahun untuk mendapatkan ekor sepanjang 1 meter lebih.

Nah, demikianlah artikel mengenai Ayam Hias Onagadori , semoga bermanfaat ya kalian para juragan hobi sabung ayam. Terima kasih dan Selamat beternak ayam.

Baca Juga : 

Related Post