Berita Sabung Ayam

AYAM JOPER BUKAN AYAM NDESOO

JOPER / JOWO SUPER bukan ayam ndesoo seperti banyak yang di bilang oleh masyarakat saat ini,

Kelebihan utama waktu produksi lebih praktis dan instant , rasa ayam lebih enak dibandingkan jenis ayam Broiler / pedaging biasa, harga ayam yang wajar dalma jenis ayam berkwalitas ,

juarasabungayam – Daya tahan dari segala jenis penyakit juga sangat kebal ,sekian basa basi nya tahukah juragan AYAM JOPER BUKAN AYAM NDESOO ??

Image result for JAWA SUPER

Begini penjelasan nya ayam joper merupakan ayam dari hasil persilangan antara ayam jawa biasa (ayam petelur) betina dengan ayam bangkok jadi jelas bahwa ayam ini tidak ndesoo.

Menurut PP pasal 44 no 48 tahun 2011 ,untuk para peternak ayam harus memiliki izin dari pementah daerah masing-masing dan harus memiliki sertifikat layak tentang benih / silisilah ayam JOPER tersebut .

Penyebaran benih yang tidak sesuai dengan syarat dan tanpa ada nya sertifikat yang memenuhi syarat akan di kenakan sanksi ADM bisa berupa surat peringatan, surat prmberhentian sementara, ijin usaha nya di cabut oleh pihak yang berwenang , jadi semua harus di lakukan sesuai prosedur dan dalam pengawasan sehingga tidak di bilang ndesoo.

Image result for JAWA SUPER

Konsumen saat ini harus mendukung para pengusaha ayam joper dengan memenuhi syarat dan mengikuti perturan yang berlaku maka persilangan ayam jawa dan dihasilkan tidak sia sia karena sudah di anggap legal dan merupakan hasil kerja anak bangsa yang harus di akui keunggulan nya .

Namun jika kita tidak melakukan gerakan dan dorongan maka hasil nya tidak ada dan dengan bantuan perintah masyarakat tidak ada sulit lagi untuk melindungi jenis ayam JOPER sehingga menutup kemungkinan ayam JOPER bisa punah dari Indonesia.

Sebaiknya untuk semua konsumen, pembibit dan peternak berkerja sama dan mematuhi peraturan yang di buat pemerintah, sehingga usaha tidak sia sia dan untuk menjaga dan menstabilkan usaha bisa berlangsung secara optimal.