penyakit gumboro pada ayam aduan - Sabung Ayam Online
Berita Sabung Ayam

Bahaya Penyakit Gumboro pada Ayam Aduan

Sabung Ayam Online – Penyakit Gumboro yang dapat menyerang ayam aduan ini adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Infectious Bursal Disease (IBD). Pada kesempatan ini Situs Judi Agen Sabung Ayam Online Terpercaya akan menjelaskan informasi yang berhasil dihimpun oleh tim juarasabungayam.org tentang bahaya penyakit gumboro pada ayam aduan kesayangan anda.

Virus ini menyerang bursa fabricius (kelenjar bulat terletak di atas kloaka), dan menyerang anak ayam dari usia 1-25 hari. Penyakit Gumboro tidak menyebabkan kematian secara langsung, akan tetapi bertahap. Kematian yang terjadi berkisar 2-5% setelah 3 hari terlihat gejala. Penyakit ini sangat menular dan hanya menyerang anak-anak ayam.

Gejala-Gejala Penyakit Gumboro pada Ayam Aduan

Anak ayam usia 1-12 hari yang terkena penyakit ini tidak begitu nampak tanda-tandanya. Tapi anak ayam umur 3-6 minggu akan menunjukkan gejala-gejalanya. Anak ayam tampak lesu, mengantuk, bulu mengkerut, bulu sekitar dubur kotor, dan mencret bening keputih-putihan.
Selain itu, kotoran berwarna putih bening bercampur dan lengket serta encer.

Fungsi Bursa Fabricius

Bursa fabricius adalah organ limfoid primer yang berfungsi sebagai tempat pematangan dan diferensiasi bagi sel dari sistem pembentuk antibodi. Ini adalah kelenjar yang berbentuk bulat, terletak di atas kloaka. Sejak ayam menetas, bursa fabricius ini sudah terbentuk dan semakin lama bursa ini semakin membesar, dan besarnya akan mencapai maksimum pada umur tertentu.

Dalam keadaan normal bursa fabricius akan mulai mengecil dan selanjutnya menghilang pada umur 12-16 minggu. Bursa ini akan menghilang sama sekali setelah ayam dewasa. Ayam dewasa sudah tidak lagi membutuhkan bursa, karena fungsi bursa dalam membentuk zat antibody telah dapat diambil alih oleh sistem kekebalan lain yang telah berkembang dengan sempurna.

Pengobatan dan Pencegahan Penyakit Gumboro pada Ayam Aduan

Penyakit ini belum ada obatnya, karena itu perlu dilakukan usaha pencegahan dengan cara vaksinasi pada ayam sebelum umur 20 hari. Artinya vaksinasi harus dilakukan pada usia 1-15 hari. Vaksin gumboro dapat diberikan dalam air minum atau disuntikkan di bawah kulit. Hasil dari vaksinasi tersebut umumnya membutuhkan 3-6 hari untuk memperoleh kekebalan. (Baca juga : Mencegah Penyakit Ayam dengan Memberikan Vaksin pada Ayam Aduan Bangkok)

Demikian penjelasan yang dapat kami bagikan tentang bahaya penyakit gumboro pada ayam aduan. Semoga bermanfaat. 🙂

Related Post