Memulihkan Ayam Aduan
Berita Sabung Ayam

Beberapa Tahap Untuk Memulihkan Ayam Aduan Yang Jatuh Mental

Beberapa Tahap Untuk Memulihkan Ayam Aduan Yang Jatuh Mental. Ayam aduan yang jatuh mental adalah masalah terbesar bagi para bobotoh dan harus segera diobati. Jatuh mental adalah dimana kondisi ayam yang tidak lagi mempunyai keberanian untuk bertarung. Dan sudah tidak sanggup untuk melawan ayam aduan lainnya.

Ciri-ciri ayam aduan yang jatuh mental biasanya terlihat seperti, tidak mempunyai gairah serta nafsu makan nya menurun dan ayam tidak berani untuk berkokok. Jatuh mental merupakan penyakit psikologis pada ayam, walaupun secara fisik ayam sehat namun kondisi mental dan kejiwaanya sudah tidak seimbang.

Jatuh metal pada ayam aduan disebabkan karena kekalahan yang telak terkena pukulan ayam yang lebih tua saat masih kecil. Dan bisa juga diakibatkan karena ayam diadu dengan ayam aduan yang usainya tua. Karena biasanya ayam yang sering terkena jatuh mental adalah ayam yang masih berusia sangat muda, dan belum pernah nyulam untuk pertama kali. Tetapi tidak menuntut kemungkinan untuk ayam aduan yang sudah tua terkena jatuh mental, itu bisa saja terjadi.

Untuk menyembuhkan ayam aduan yang sedang jatuh mental bukanlah hal yang mudah. Dimana para bobotoh membutuhkan proses yang sangat panjang untuk menyembuhkan nya dan bisa saja tidak berhasil. Maka dari itu kami dari tim JuaraSabungAyam ingin berbagi sedikit pengalaman tentang cara untuk mengobati ayam yang jatuh mental.

Beberapa Tahap Untuk Memulihkan Ayam Aduan Yang Jatuh Mental :

  • Menjauhkan Ayam Yang Jatuh Mental Dari Ayam Jantan

Ayam yang sedang jatuh mental harus dipisahkan dengan ayam yang normal. Seperti yang kita ketahui bahwa jatuh mental adalah penyakit psikologis, jadi sebaiknya para bobotoh memisahkan ayam dengan ayam lainnya terutama dengan ayam pejantan.

Ini berguna untuk membangkitkan mental ayam dan memperkuat nyali ayam. Namun bobotoh bisa menaruh ayam yang sedang jatuh mental bersama ayam betina. Proses ini membutuhkan waktu yang sangat lama, bahkan ini bisa sampai berbulan-bulan lamanya.

  • Memantau Perkembangan Ayam

Jika bobotoh sudah melakukan proses yang pertama, Selanjutnya adalah memantau perkembangan ayam. Untuk melihat apakah mental serta kepercayaan diri ayam sudah kembali. Apabila mental ayam sudah kembali bisa dilihat dari perubahannya, ayam akan mulai berkokok dan lebih terlihat gagah dihadapan para ayam betina. Jika ayam masih terlihat lesu itu bertanda bahwa tahap pertama belum berhasil dan masih membutuhkan waktu lagi.

  • Memupuk Mental Ayam Dengan Latihan Abar

Setelah ayam terlihat sudah mempunyai mental dan semangat nya, langkah selanjutnya bobotoh bisa melakukan latihan abar atau latihan tarung. Usahakan memilih lawan yang usianya seimbang atau bisa juga dengan ayam yang umurnya lebih muda. Hal ini bertujuan untuk tidak menimbulkan kembali trauma ayam, proses abar tidak perlu lama-lama bobotoh bisa selama 5-10 menit saja.

  • Menguji Kesembuhan Ayam

Setelah ayam sudah mulai berani untuk bertarung, kemudian bobotoh abar kembali ayam dengan ayam yang mempunyai kemampuan dibawahnya. Agar ayam aduan yang jatuh mental akan memiliki peluang lebih banyak untuk memukul. Dengan begitu, mental, semangat serta kepercayaan diri ayam akan kembali dan lebih mantap. Setelah itu lakukan secara teratur hingga ayam aduan benar-benar sudah pulih. Latihan abar bisa dilakukan seminggu atau dua minggu sekali.

Demikianlah “Beberapa Tahap Untuk Memulihkan Ayam Aduan Yang Jatuh Mental“. yang dikutip dari JuaraSabungAyam. Semoga ini bermanfaat untuk para bobotoh dan penggemar sabung ayam lainnya.