mata merah
Berita Sabung Ayam

Cara Ampuh Obati Mata Merah dan Luka Pukulan Pada Ayam Aduan

Cara Ampuh Obati Mata Merah dan Luka Pukulan Pada Ayam Aduan. Dalam dunia sabung ayam. Bagian tubuh pada ayam bangkok pada dasarnya mempunyai peran yang sangat penting, dalam membantu sang ayam aduan untuk bertarung di dalam arena laga. Pasalnya dengan memiliki tubuh yang baik tentunya akan menunjang sang ayam salam memenangkan sebuah pertandingan.

Kami dari tim Juara Sabung Ayam akan membahas tentang cara ampuh obati mata merah dan salah satu bagian tubuh ayam bangkok yaitu pada matanya. Mata pada ayam bangkok sendiri mempunyai peran yang sangat penting, baik saat menjalani pertandingan maupun pada saat memberikan manuver serangan pada lawannya.

Dan juga sebaliknya, apabila jenis ayam bangkok aduan tidak dibantu dengan mata yang baik. Tentunya dapat menyulitkan sang ayam aduan dalam menajalani pertandingan nya. Terlebih lagi ketika ayam aduan ingin menghindari pukulan lawannya saat diadu.

Biasanya, masalah yang sering ditemukan adalah pada mata ayam aduan diantaranya seperti infeksi, cacing, bakteri dan virus. Atau bisa juga karena terkena jalu lawan sehingga pelipis pada ayam aduan robek  dan berdarah. Jika mengetahui bahwa pada ayam aduan ada yang bermasalah, pastinya sebagai bobotoh anda harus bisa bertindak cepat dalam menangani masalah yang satu ini.

Sebelumnya kita sudah membahas tentang bagian tubuh ayam aduan yang berperan penting. Dan selanjutnya kami akan menjelaskan mengenai beberapa jenis obat mata yang dapat diterapkan dalam menyembuhkan penyakit ayam satu ini. Baik dikarenakan masalah biologis maupun dikarenakan terluka usai diadu.

Berikut Beberapa Cara Ampuh Obati Mata Merah dan Luka Pukulan Pada Ayam Aduan :

1. Mata Merah Terinfeksi Virus

Penyakit pada mata ayam bangkok juga bisa ditimbulkan karena infeksi oleh virus maupun bakteri. Penyakit yang dikarenakan bakteri ini sering kali ditemukan pada musim pacaroba seperti ini. Dengan ciri-ciri yang dapat dikenali seperti mata ayam yang selalu berair, merah, bengkak dan juga terlihat sayu. Apabila ayam aduan sudah terkena virus tersebut, bobotoh bisa segera melakukan tindakan karantina agar tidak menyebar ke ayam aduan lainnya. Setelah itu bobotoh harus segera melakukan pengobatan agar tidak semakin parah. Dan jenis pengobatanya bisa dilakukan dengan beberapa cara yakni sebagai berikut.

  • Obat Tetes Mata

    Apabila penyakit yang dialami ayam aduan tidak terlalu parah dapat diatasi menggunakan obat tetes mata untuk manusia. Setelah itu, bobotoh bisa teteskan 2-3 tetes hingga meresap, dan bisa dilakukan setiap pagi dan sore hingga mata ayam aduan kembali bening.

  • Daun Sirih, Meniran dan Daun Katuk

    Dan untuk mata merah yang terkena infeksi virus juga bisa diobati menggunakan daun sirih, meniran dan daun katuk sebagai obat mata merah ayam aduan. Penerapannya yakni dengan cara memeras daun tersebut kemudian teteskan airnya pada mata ayam aduan saat malam hari dan pagi hari. Dalam pemberiannya mungkin akan sedikit menyakitkan untuk ayam aduan, dan tidak jarang jika ayam aduan memberontak. Jadi untuk bobotoh harap berhati-hati dalam melakukannnya.

  • Eye Chick

    Penggunaan obat mata seperti eye chick bisa diberikan apabila penyakit mata pada ayam aduan sudah terbilang sangat parah. Dan untuk mendapatkan jenis obat seperti eye chick ini bisa ditemukan di ploutry terdekat.

2. Mata Ayam Aduan yang Terinfeksi Cacingan

Bagi para bobotoh yang sering menemukan mata ayam bangkok pada setiap pagi selalu muncul tahi, kelopak mata bengkak, dan saat siangnya sering dipejamkan sudah bisa dipastikan bahwa ayam aduan bobotoh tengah terinfeksi cacing mata. Hal ini dapat diketahui secara langsung dengan cara membuka mata ayam bangkok selebar-lebarnya maka akan ditemukan cacing putih yang berwujud seperti rambut di dalamnya.

Jika bobotoh mengetahui ayam aduan benar terkena penyakit cacingan pada bagian matanya. Segera beri penanganan serta pengobatan yang tepat pada penyakit tersebut. Dalam pengobatannya, bobotoh bisa memanfaatkan daun tembakau sebagai obat alami.

Untuk penerapannya bisa dilakukan dengan meneteskan air perasan daun tembakau sebanyak 2-3 tetes pada matanya. Jika sudah, dalam waktu sekitar 2-3 menit bobotoh bisa melihat langsung cacing-cacing pada mata ayam aduan akan kelimpungan dan keluar secara perlahan dari mata sang ayam aduan. Penggunaan daun tembakau sendiri lebih manjur serta khasiat yang diberikan dapat dilihat langsung.

3. Obat Mata Ayam yang Terkena Jalu

Apabila pengobatan yang diatas karena faktor lingkungan, maka untuk yang terkahir ini sedikit berbeda. Yang dimana penyakit satu ini muncul dikarenakan gangguan fisik yakni seperti luka robek maupun pecah dikarenakan terkena jalu saat diadukan. Maka dalam pengobatannya juga berbeda.

Menurut para bobotoh yang sudah berpengalaman, luka yang timbul pada ayam bangkok dapat disembuhkan dengan menggunakan getah dari daun kelor. Penggunaannya dilakukan dengan cara meneteskan getah daun kelor secara langsung ke bagian mata yang mengalami luka. Untuk takarannya dapat diberikan sekitar 1-2 tetes atau hingga getah tersebut dapat terserap dengan sendirinya.

Jika sudah, bobotoh bisa langsung menutup luka pada mata ayam menggunakan plester atau kain selama satu hari penuh. Dan apabila pada hari selanjutnya, mata pada ayam bangkok masih bengkak, bobotoh bisa mengulangi pengobatan satu ini hingga sembuh. Namun kebanyakan, penerapan dalam sehari saja sudah dapat terlihat efeknya.

Demikianlah “Cara Ampuh Obati Mata Merah dan Luka Pukulan Pada Ayam Aduan“. yang dikutip dari Juara Sabung Ayam. Semoga ini bermanfaat untuk para bobotoh dan penggemar sabung ayam lainnya.

Related Post