Cara Melatih Ayam Birma
Berita Sabung Ayam

Cara Melatih Ayam Birma Menjadi Momok Dalam Laga Sabung Ayam

Pada umumnya ayam laga yang kuat dan tangguh berasal dari indukan yang berkualitas. Jika berbicara mengenai hal itu pasti pikiran kita langsung tertuju pada ayam Bangkok. Ini karena ayam bangkok memang terkenal tangguh dan ganas dalam pertarungannya. Namun dalam artikel ini yang akan dibahas adalah Cara Melatih Ayam Birma Menjadi Momok Dalam Laga Sabung Ayam.

Sudah tidak mengherankan jika selama ini banyak pemain judi sabung ayam rela mengeluarkan uang yang banyak untuk mendapatkan ayam bangkok yang terkenal tangguh tersebut. Akan tetapi belakangan ini ada satu jenis ayam petarung yang namanya mulai meroket dalam dunia sabung ayam, ayam yang dimaksud adalah ayam Birma dari Myanmar.

Kali ini tim juarasabungayam.org akan menguraikan informasi yang berhasil dihimpun berdasarkan keterangan para botoh dan agen sabung ayam di arena pertarungan sabung ayam online.

Cara Melatih Ayam Birma Menjadi Momok Dalam Laga Sabung Ayam

Belakangan ini ayam Birma mulai banyak disukai oleh banyak penggemar ayam aduan karena ia tidak kalah ganasnya dibandingkan ayam bangkok. Banyak peternak dan penghobi sabung ayam mengeluarkan uang yang lebih agar mendapatkan kedua jenis ayam ini untuk dikawin silangkan.

Dalam kawin silang yang dilakukan, biasanya pejantan yang digunakan adalah dari jenis ayam bangkok sedangkan betinanya dari ayam birma. Anakan yang dihasilkan memiliki kualitas yang tidak dibawah indukan aslinya.

Menurut bebotoh yang berhasil dijumpai, ternyata masih banyak penghobi ayam aduan lebih menyukai ayam birma asli karena dianggap lebih kuat dan tangguh dari ayam bangkok. Di Myanmar negara asalnya ayam Birma dikenal sebagai momok yang menakutkan karena tak jarang mereka dapat mengalahkan ayam bangkok.

Baca juga ” Perbedaan Ayam Pama dan Ayam Birma “.

Sebelum kita menyimak cara melatih ayam birma menjadi momok menakutkan dalam laga sabung ayam ada baiknya kita mengenali dulu perbedaan antara ayam birma asli dan hasil silangan, karena keduanya tergolong sulit dibedakan. Mari kita lihat perbedaan utama keduanya :

  1. Jika kita melihat ayam birma dengan bentuk tubuh yang tinggi besar maka dapat dipastikan itu adalah hasil silangan karena ayam birma asli memiliki bentuk tubuh yang agak kecil mirip ayam kampung.
  2. Birma asli lebih gesit dan lincah dibandingkan hasil silangan. Selain gesit dan lincah ia juga cerdik menghindar. Hal ini sering membuat lawan kebingungan. Nah., disaat lawan kebingungan ia akan langsung menyerang dengan cepat.
  3. Ayam birma asli memiliki ukuran kaki yang lebih kecil dibanding hasil silangan. Selain kecil, jari-jarinya sangat runcing dan tajam. Jika terkena pukulan kakinya lawan akan langsung merasakan efek sakitnya. Sedangkan pukulan ayam birma hasil silangan masih bisa ditahan lawan-lawannya.
  4. Mental ayam birma asli sangat kuat. Ia tidak akan menyerah jika belum tewas di medan laga.

Lebih kurang itulah perbedaan yang menonjol dari ayam birma asli dan ayam birma hasil kawin silang. Apabila kita telah menemukan ayam birma asli maka kita dapat menjadikannya momok yang menakutkan dalam arena sabung ayam dengan cara memberikannya perawatan dan latihan. Bagaimanakah caranya ? Mari kita simak uraian berikut ini :

Cara Melatih Ayam Birma

1. Asupan

Hal pertama yang wajib diperhatikan adalah asupan pakan yang dikonsumsi, karena setangguh apapun ayam aduan pasti akan sia-sia jika tidak diberikan pakan dengan gizi yang baik dan sesuai dengan energi yang dibutuhkan.

2. Stamina

Seperti halnya pria yang perkasa, ayam aduan birma juga harus dijaga stamina tubuhnya dengan cara memberikannya jamu atau ramuan herbal khusus untuk ayam petarung. Ramuan yang diberikan bisa berupa hasil racikan sendiri yang dianggap joss untuk menjaga atau meningkatkan stamina tubuhnya.

3. Latihan Kaki

Di atas sudah dijelaskan bahwa kaki ayam birma berukuran kecil dengan jari-jari kaki yang runcing dan tajam. Untuk dapat memaksimalkan daya pukulannya hingga memiliki efek merusak pada tubuh lawan maka kita dapat memberikannya latihan kaki.

Latihan kaki dapat dilakukan dengan membuatnya berlari tanpa henti selama 25 menit, caranya dengan meletakkan ayam jago lain dalam kurungan lalu ayam birma kita diluar kurungan. Ini akan membuatnya berlari mengitari kurungan terus menerus mencari celah untuk menyerang jago di dalam kurungan. Berikan latihan lari secara rutin pagi dan sore, ini akan menguatkan otot kakinya sehingga menghasilkan pukulan yang lebih menyakitkan pada lawan.

Demikianlah ‘ Cara Melatih Ayam Birma Menjadi Momok Dalam Laga Sabung Ayam ‘ ini kami sajikan. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi acuan bagi para penggemar sabung ayam.

Related Post