cara melatih nafas ayam
Berita Sabung Ayam

Cara Melatih Nafas Ayam Aduan Agar Tahan Saat Bertanding

Cara Melatih Nafas Ayam Aduan Agar Tahan Saat Bertanding. Ada banyak cara untuk melatih nafas ayam aduan agar bisa tahan banting saat bertanding. Ayam aduan harus mempunyai nafas atau stamina yang kuat agar mampu bertanding lebih lama dan dapat memenangkan pertarungan. Apakah ayam kesayangan bobotoh masih tidak stabil atau ngos-ngosan dan mudah lelah ?.

Selain melakukan pukulan, nafas juga menjadi salah satu penentu kemenangan untuk ayam aduan. Meskipun pukulan dan teknik yang dimiliki bagus, jika tidak diimbangi dengan stamina yang baik bukan berati tidak mungkin ayam akhirnya akan tumbang dan kalah.

Kali ini kami dari tim Juara Sabung Ayam akan berbagi sedikit tips jitu, cara melatih nafas ayam aduan menjadi lebih kuat. Ada banyak sekali langkah yang bisa bobotoh tempuh mulai dari perawatan, latihan, pemberian jamu hingga pemberian ramuan khusus lainnya.

Berikut adalah Beberapa Cara Melatih Nafas Ayam Aduan Agar Tahan Saat Bertanding :

  1. Menjemur Ayam Aduan

    Salah satu cara untuk melatih nafas atau stamina ayam aduan adalah dengan menjemur ayam secara rutin. Metode menjemur ayam ini sudah terbukti paling ampuh dan paling sering digunakan oleh kebanyakan bobotoh. Namun harus diingat untuk penjemuran ayam tidak usah terlalu lama, bobotoh bisa menjemur ayam aduan sekitar pukul 8 sampai pukul 10 setelah ayam selesai dimandikan.

  2. Latihan Renang

    Pada dasarnya ayam mempunyai kemampuan untuk berenang. Pola latihan renang dapat bobotoh lakukan untuk menguatkan otot dan stamina ayam. Jika bobotoh memiliki kolam maka akan lebih mudah mempraktekan pola latihan yang satu ini. Namun bobotoh juga harus membatasi latihan renang ini untuk ayam kesayangan, jangan sampai terlalu lama. bobotoh bisa menghentikan latihan jika ayam sudah terlihat kelelahan.

  3. Memandikan Ayam

    Memandikan ayam aduan bangkok mempunyai banyak sekali manfaat. Selain membentuk otot dan mengeraskan tubuh, ternyata memandikan ayam aduan juga berguna untuk menguatkan stamina serta nafas ayam aduan. Waktu yang paling tepat untuk memandikan ayam adalah saat pagi hari ketika cuaca cerah dan kemudian menjemurnya.

  4. Latihan Kliter

    Latihan kliter ini terbukti sangat bermanfaat untuk meningkatkan stamina serta menguatkan nafas pada ayam. Caranya masukan ayam aduan lain ke dalam kurungan kecil, lalu gunakan kurungan yang lebih besar untuk menutupi kurungan kecil. Kemudian lepaskan ayam aduan bobotoh dan biarkan dia berlari mengelilingi kurungan tersebut. Intinya bobotoh menggunakan dua kurungan kecil dan besar agar ayam tidak bertarung dan hanya berusaha untuk mencari celah dengan mengelilingi kurungan.

  5. Latihan Fisik Untuk Bernafas

    Latihan fisik sangat berguna untuk membentuk otot serta stamina ayam aduan. Bentuk latihan yang bisa bobotoh lakukan sangat beragam, mulai dari melakukan senam, push up serta lompatan dan masih banyak lagi. Karena latihan ini juga penting untuk mengatasi ayam aduan yang mudah lelah ketika sedang bertanding.

Demikianlah 5 cara yang bisa bobotoh lakukan untuk menguatkan dan melatih nafas ayam aduan kesayangan. semoga ini bermanfaat untuk para bobotoh dan penggemar sabung ayam lainnya.

Related Post