Cara Membedakan Telur Ayam Bangkok Jantan Dan Betina
Berita Sabung Ayam

Cara Membedakan Telur Ayam Bangkok Jantan Dan Betina

Sabung Ayam Online-Untuk mengenali jenis ayam pejantan atau betina yang telah menetas tentunya bukanlah hal yang sulit. Namun jika masih dalam bentuk telur yang masih utuh tentunya akan terasa sedikit sulit bagi kebanyakan bobotoh.

Karena jika dilihat secara kasat mata, semua bentuk telur pada layaknya hampir sama saja. Namun jika kita lihat lebih detail, sebenarnya telur ayam jantan dan betina memiliki beberapa tanda dan juga ciri khas untuk kita bedakan jenisnya.

Pada dasarnya, bentuk telur ayam dapat kita bedakan menjadi dua yaitu telur ayam yang berbentuk panjang dan sedikit melonjong dan berbentuk bulat.

Dan untuk lebih lanjut mengenai cara membedakan nya pada artikel kali ini akan kami infokan mengenai, Cara Membedakan Telur Ayam Bangkok Jantan Dan Betina.

Cara Membedakan Telur Ayam Bangkok Jantan Dan Betina

Pada umumnya, para bobotoh biasanya sering kali memilih telur ayam jantan untuk dibiarkan menetas dan dirawat untuk dijadikan sebagai petarung. Sementara untuk telur betina sendiri biasanya para bobotoh memilih untuk dijual ataupun ada juga yang menetaskannya untuk dijadikan bibit betina berkualitas.

Namun untuk dapat membedakan jenis telur ayam yang masih utuh biasanya bagi para bobotoh baru sering kali kewalahan. Jenis telur ayam sendiri memiliki dua bentuk yang berbeda sebagai penentu apakah sang ayam jantan ataupun betina.

Maka untuk membantu bobotoh agar lebih mudah membedakanya cara ini dapat bobotoh terapkan yakni, untuk telur ayam jantan akan memiliki bentuk bulat dan agak melonjong. Sementara telur betina sendiri memiliki bentuk yang oval atau bulat dan lebih kecil.

Dalam memilih jenis telurnya tingkat ketelitian juga perlu bobotoh terapkan, agar tidak salah memilih dan membuat bobotoh menjadi rugi nantinya.

Selain dua jenis bentuk telur tersebut, ada juga salah satu jenis telur yang dikatakan sempurna untuk dijadikan sebagai petarung andalan yaitu, bentuk telur lonjong sempurna.

Bentuk lonjong sempurna ini diyakini bahwa ayam jantan yang dihasilkan menuruni sifat jawara dari sang indukkan. Maka tak heran jika beberapa bobotoh sering mengistimewakan jenis telur ini.

Meski demikian, cara membedakan jenis telur jantan atau betina seperti yang diterangkan sebelumnya memang tidak bisa dipastikan bahwa 100% benar. Namun dari pengalaman bobotoh tua cara ini biasanya akan akurat mencapai 70-80%.

Demikian uraian tentang ‘Cara Membedakan Telur Ayam Bangkok Jantan Dan Betina‘. Semoga berguna bagi semua pecinta sabung ayam.