Cara Mencegah Ayam Aduan Bangkok Mati Mendadak
Berita Sabung Ayam

Cara Mencegah Ayam Aduan Bangkok Mati Mendadak

Sabung Ayam Online–Seiring berjalannya musim pancaroba (perpindahan dari musin kemarau ke musim hujan) banyak ayam aduan yang terjangkit Newcastle atau biasa disebut penyakit Tetelo. Penyebabnya adalah serangan virus NDV, suatu virus RNA berkas tunggal dengan sekuens antisens negatif.

Penyakit ini dapat menyebabkan ayam ayam aduan kita mati secara mendadak, biasanya gejala penyakit ini klinis seperti terkena pilek (hidung berair dan tersumbat), mengorok, sayap turun lemas (terkulai), kaki terseret, sampai kepala terkulai atau melipat. Biasanya ayam akan meninggal dalam 1-2hari setelah mengalami gejala tersebut.

Maka untuk menghindari ayam aduan para bobotoh mati mendadak, alangkah baiknya jika bobotoh melakukan penanganan atau pencegahan sebelum penyakit ini menyerang ayam aduan kesayangan kalian. Bagaimana cara penanganannya? Simak diartikel kali ini mengenai Cara Mencegah Ayam Bangkok Mati Mendadak.

Cara Mencegah Ayam Aduan Bangkok Mati Mendadak

Cara paling tepat untuk menangani virus ini adalah langsung memindahkan semua ayam ke kandang lain karena penyakit Tetelo ini belum bisa disembuhkan hingga saat ini dan virus penyakit inipun menular dengan sangat cepat kepada ayam ayam yang lain.

Namun, jika ayam aduan anda mati mendadak dalam jumlah yang banyak, patut dicurigakan bahwa ayam aduan anda terserang penyakit flu burung. Tanda tanda ayam aduan terkena penyakit flu burung adalah:

– Jengger ayam bewarna kebiruan.
– Adanya bintik bintik merah pada kaki ayam.
– Keluar cairan bening dan kental dari rongga mulut.
– Diare berlebihan.

Alangkah baiknya kita melakukan pencegahan, daripada mengalami kerugian besar. Berikut ini cara mencegah ayam bangkok mati mendadak :

1. Lakukan Vaksinasi

Hal pertama yang sudah pasti wajib dilakukan adalah vaksinasi secara rutin, vaksinasi akan membantu membuat tubuh ayam kebal terhadap penyakit dan virus. Walaupun sudah divaksin, ayam masih bisa terjangkit virus dan penyakit, biasanya karena vaksin yang digunakan tidak tepat atau kadaluwarsa. Pastikan selalu menyimpan vaksin didalam pendingin dengan suhu -4 derajat Celsius.

2. Sistem Sirkulasi Udara

Siapkan celah 20 – 30cm di bagian atas dan dinding kadang agar suhu kandang tetap terjaga dan relatif lebih segar. Jaga jarak antar kandang minimal 1 – 1.5 meter dan jauhkan dengan tanaman tinggi yang menghambat aliran udara.

3. Biosekuriti

Biosekuriti juga cukup efektif untuk mencegah penyakit masuk kedalam area kandang ayam anda. Yang dimaksud Biosekuriti sendiri adalah melakukan sterilisasi kepada semua manusia, hewan, makanan, dan seluruh yang masuk kedalam kandang, melakukan isolasi terhadap kandang dengan membangun pilar pilar penghalang disekitar kandang agar tidak ada hewan lain yang datang membawa virus dari luar.

Demikianlah uraian tentang Cara Mencegah Ayam Aduan Bangkok Mati Mendadak. Semoga berguna bagi semua pecinta sabung ayam.