Berita Sabung Ayam

Cara Mengatasi Nafsu Ayam Bangkok Berkurang

Sabung Ayam Online – Cara Mengatasi Nafsu Ayam Bangkok Berkurang. Nafsu makan ayam bangkok jika tidak kita tingkatkan bisa menyebabkan ayam bangkok kita menjadi kurang bertenaga. Ada bebrapa faktor yang dapat mempengaruhi nafsu makan ayam bangkok.

Jika ayam bangkok kita memiliki tingkat nafsu makan yang tinggi, maka untuk menciptakan ayam bangkok dengan kualitas super bukanlah hal yang sulit.

Ingat, saat ayam berlaga, stamina yang ok didapat dari makanan yang kualitas pula. Oleh karena itu, agar ayam bangkok mempunyai nafsu makan yang inggi perlu diberi suplemen atau ramuan penambah nafsu makan, berikut beberapa ramuan atau obat yang bisa kita gunakan.

Cara Mengatasi Nafsu Ayam Bangkok Berkurang

 Inilah cara mengatasi nafsu ayam yang dimaksud :

1.    Ayam aduan diberi tambahan makanan yang bervariasi bisa dengan memberikan singkong mentah atau direbus juga bisa atau ubi bahkan talas rebus, menambahkan sayuran atau daun-daunan seperti daun pepaya, bayam, singkong, lengko dan pegagan atau yang ada di sekitar kita saja seperti bawang putih, bawang merah dan jahe atau bisa juga sayuran seperti daun papaya atau bisa juga dengan vitamin tambahan buatan pabrik. Adapun cara membuat dan pemberiannya, siapkanlah bawang putih 3-4 siung, jahe 3 batang diiris sampai halus ditambah parutan 10 gr jahe kemudian campurkan pada pakan setiap pagi untuk 10 ekor ayam dewasa. Daun pepaya yang direbus kemudian air rebusannya diminumkan ke ayam juga baik untuk menambah nafsu makan.Secara rutin dan berkala berikanlah pada ayam 2-3 bulan sekali tergantung dari kondisi dan keadaan ayam aduan.

2.    Tambahkan air jika nafsu makan turun, dengan kadar air dalam pakan seharusnya tidak melebihi dari 14% yang nantinya akan membantu nafsu makan ayam aduan bertambah besar lagi.

3.    Resep lain: ruas temu kunci yang besarnya se ibu jari, gula merah secukupnya, asam jawa secukupnya. Cara pembuatanya: semua bahan di atas di cuci hingga bersih, seteh brsih,semua bahan di campur jadi satu.Bakar bahan di atas hingga matang. Bisa kita berikan pada ayam bangkok setiap hari berikan pada malam hari.

4.    Minyak ikan, minyak ikan ini terbukti berkhasiat untuk meningkatkan pola makan ayam aduan, karena minyak ikan ini banyak mengandung zat-zat protein maupun vitamin yang bagus untuk ayam bangkok.

5.    Menggunakan terasi, terasi ini sumber protein tinggi, karena dalam terasi terdapat udang rebon yang baik untuk ayam aduan. Caranya dengan memberi sedikit saja terasi pada ayam bangkok

6.    Temulawak, temulawak ini salah satu tumbuhan tradisional indonesia yang memilki banyak kegunaan, salah satunya adalah untuk meiningkatkan nafsu makan ayam aduan.

7.    Kencur, kencur ini bermanfaat juga untuk meningkatkan nafsu makan, karena kencur ini dapat membantu secara tidak langsung, karena kencur kaya minyak atsiri yang membuat pencernaan lebih segar, sehingga pencernaan lebih lancar.

8.    Obat-obatan yang bisa juga untuk di gunakan adalah obat atau produk yang mengandung cyproheptadine (digunakan pada hewan untuk meningkatkan nafsu makan, hewan uji kucing), pizotifen (efek dan kinerja mirip dengan cyproheptadine), atau lysin (asam amino, digunakan pada sirup untuk meningkatkan nafsu makan pada anak dan balita).

Demikianlah sajian dari juarasabungayam ini. Semoga bermanfaat.