Cara mengatasi pernafasan ayam
Berita Sabung Ayam

Cara mengatasi pernapasan ayam tidak bagus

Sabung Ayam Online – Cara mengatasi pernapasan ayam tidak bagus. Supaya ayam bangkok di rumah mendapatkan ayam bangkok dewasa yang tangguh serta nafasnya yang tahan di arena laga, pastikan melakukan perawatan secara benar sesuai tipe ayam, maksudnya dari tipe ayam sendiri adalah gaya bertarungnya misalnya ayam memiliki gaya bertarung taji atau gaya bertarung yang dominan teknik lompat pukul.

Namun tidak semua ayam bangkok mampu untuk mencetak ayam bankok uang memiliki gaya bertarung hebat serta bisa untuk menjadi jagoan di arena laga. Ciri ayam bangkok yang bagus bisa kita lihat dengan pemilihan bibit dari induk yang jelas asal usulnya, warna bulu terang, halus dan mengikat, bagian paha rapat besar, mata hernih serta ayam mampu bertahan hingga beberapa ronde karena memiliki sistem pernafasan yang kuat.

Cara mengatasi pernapasan ayam tidak bagus

Nafas ayam bangkok juga sangat perlu kita latih, jika ayam  bangkok memiliki tipe pernafasan pendek, ia tidak akan bisa bertahan lama dalam melakukan pertarungan, begitu juga sebaliknya.

Maka dari itu beberapa cara mengatasi dan solusi untuk membuat pernapasan ayam menjadi lebih bagus :

1.   Sebelum tarung, 3 hari sebelumnya dimakankan telur + laos yg dijemur.

2. Ayam aduan hendaknya diberi makanan yang tidak mengandung lemak. Untuk lebih tepatnya ayam diberi makan beras merah, karena beras merah hanya sedikit sekali mengandung lemak. Hindari pemberian makan seperti jenis makanan ayam yang berupa foer buatan pabrik, jagung, nasi dan seterusnya.

3. Hendaknya dirawat dengan cara dimandikan tiap pagi kemudian dijemur sampai ayam sedikit kepanasan. Biasanya ayam yang sudah tidak kuat akan terlihat melonjat-lonjat atau seakan akan mau keluar dalam kurungan. Jika ayam terlihat demikian harus segera diangkat ketempat yang teduh dan ingat ayam jangan diberi minum sampai ayam sudah tidak ngosngosan. Biasanya waktu penjemuran antara 1 sampai 3 jam tergantung pada ayam dengan tingkat lemak dalam tubuh ayam tersebut.

4. Untuk mendukung stamina dan nafas ayam aduan, ayam bisa diberikan jamu dengan ransum yang terbuat dari bahan alami seperti kencur, lengkuas, merica, kunci dan telur bebek. Bahan-bahan tersebut bisa diparut dan kemudian diberikan pada ayam.

5. Melalui latihan. Sebagai contoh saja, jika pertama ayam melakukan jajal tarung dalam tempo 5 menit, hari berikutnya kita berikan latihan 10 menit, hari selanjutnya 15 menit begitu seterusnya sampai kita temukan nafas ayam tidak megap-megap hingga beberapa ronde sesuai yang telah kita tetapkan. Misal target kita adalah ayam mampu menyelesaikan 5 ronde.

6. Daun sirih yang muda ternyata juga berguna untuk memperpanjang nafas ayam aduan. Cara pemberiannya bisa ditumbuk lalu dilolohkan ke ayam.

7. Kaktus, lidah buaya dan madu. Tumbuk kaktus dan lidah buaya, campur kan dengan madu, berikan pada ayam setiap hari.

Demikianlah kutipan tim juarasabungayam.org dari Situs Judi Agen Sabung Ayam Online tentang Cara mengatasi pernafasan ayam tidak bagus ini kami sajikan. Semoga bermanfaat.