cara menghindari penyakit ngorok pada ayam aduan
Berita Sabung Ayam

Cara Menghindari Penyakit Ngorok Pada Ayam Aduan Bangkok

Sabung Ayam Online-Sering kali para bobotoh terganggu ketika sang ayam aduan terkena penyakit ngorok, penyakit tersebut memang tergolong tidak berbahaya namun jika dibiarkan bisa menimbulkan penyakit lainnya.

Pada umumnya penyakit ngorok terjadi akibat adanya lendir dari lubang hidung sang ayam sehingga kerongkongannya terinfeksi oleh bakteri dan virus.

Lendir yang terdapat di lubang hidung sang ayam bisa muncul dikarena beberapa hal, yakni lingkungan luar dari dalam kandang yang tidak bersih dan bisa juga karena pengaruh cuaca.

Jika dibiarkan lebih lama lendir tersebut juga bisa menyebabkan penyakit lainnya seperti flu ataupun besin-bersin.

Maka diaetikel kali ini kami akan memberikan info mengenai Cara Menghindari Penyakit Ngorok Pada Ayam Aduan Bangkok.

Cara Menghindari Penyakit Ngorok Pada Ayam Aduan Bangkok

Penyakit ngorok pada ayam aduan tentu terkadang membuat para bobotoh sangat terganggu, maka untuk menghindarinya bobotoh bisa terapkan beberapa cara berikut yakni:

1. Karantina Ayam yang Sakit
Berbagai virus dan bakteri sangat cepat menular kepada ayam yang berada disekitarnya, maka jika ada ayam ternak bobotoh yang lainnya sedang sakit sebaiknya pisahkan dengan ayam yang sehat.

Untuk mencegah terjadinya penularan bakteri dan juga virus dari ayam yang mengalami sakit tersebut.

2. Kandang / Tempat Tinggal
Pastikan ayam para bobotoh memiliki kandang ataupun tempat tinggal yang sesuai dengan ukurannya. Pastikan kandang tersebut lebih tinggi dan lebar dari porsi tubuh ayam tersebut.

Agar ayam tersebut tidak berebut kandang dan oksigen dengan ayam lainnya, yang membuat ayam tersebut lelah dan mengidap penyakit ngorok nantinya.

3. Jenis Pakan
Jenis pakan juga bisa menjadi penyebab penyakit ngorok bagi ayam aduan jika diberikan tidak sesuai dengan usia sang ayam.

Karena biasanya bobotoh sering kali memberikan pakan berat yang tidak sesuai dengan usia sang ayam guna untuk mendorong pertumbuhan sang ayam.

Namun hal tersebut sangat tidak disarankan karena, hal ini bisa menjadi penyebab ayam ngorok dan penyakit lainnya jika terlalu dipaksakan.

4. Bersihkan Kandang
Tempat tinggal yang bersih bagi sang ayam juga sangat dianjurkan, karena tempat tinggal yang kotor dapat menyebabkan bakteri  yang membuat ayam menjadi ngorok.

Bakteri CRD adalah salah satu jenis bakteri yang menyerang pernapasan ayam yang dapat berkembang dengan cepat didekat kotoran ayam yang biasanya menjadi penyebab utama aya menjadi ngorok.

Demikian uraian tentang ‘Cara Menghindari Penyakit Ngorok Pada Ayam Aduan Bangkok‘. Semoga berguna bagi semua pecinta sabung ayam.

Related Post