Berita Sabung Ayam

Cara Mengobati Ayam Bubul dan Ayam Manic/Goham

Sabung Ayam Online – Cara Mengobati Ayam Bubul dan Ayam Manic/Goham. Salah satu masalah kesehatan yang sering dialami ayam bangkok aduan adalah telapak kaki bubulan. Kaki bubulan terjadi akibat adanya infeksi bakteri pada kaki ayam yang terluka. Setelah diadu, telapak kaki ayam umumnya akan mengalami luka. Luka tersebut jika dibiarkan akan terinfeksi bakteri terutama jika kandang ayam bangkok yang ditinggalinya kotor dan jarang dibersihkan.

Seperti yang dikutip tim juarasabungayam.org dari Situs Judi Agen Sabung Ayam Online berdasarkan pengalaman para botoh senior sabung ayam diketahui bubulan pada kaki ayam sangat berbahaya karena bisa menyebabkan ayam mengalami cacat permanen. Oleh karena itu, pengetahuan mengenai cara penanganan dan jenis obat bubul ayam yang mujarab perlu diketahui secara seksama

.Cara Mengobati Ayam Bubul dan Ayam Manic/Goham

Cara Mengobati Ayam Bubul dan Ayam Manic/Goham

Bisa dilihat di telapak kakinya seperti ada kotoran keras menempel, jalannya pincang. Beberapa cara mengatasi:

  1. Kaki dibersihkan dulu/disikat, setelah itu diolesi kapur campur kunyit.
  2. Bubul ayam direndem dulu pake air hangat terus di sikat sampai bersih sambil di kelupasin bubul luarnya terus saya tempelin kapur sirih yg dicampur detergen sama garam terus diplester terus menerus sampe bubulnya copot sendiri.
  3. Meletakkan telapak kaki ayam pada lumpur rinso atau garam.
  4. Menggunakan kanterpain, obat kutil Colomac dan Koyo Cabe.
  5. Menggunakan paku yang di bakar. Tempelkan paku panas pada mata bubul (jangan sampai terkena bagian yg sehat) sampai ayam merasa panas ditandai dg menghentakkan kaki. Ulangi 3 sampai 4 kali. Lakukan pengobatan selama 3 hari.

Ayam Manic/Goham

Yang bisa sakit sariawan tidak hanya manusia saja, tetapi ayam aduan pun sering mengalaminya, yang sering disebut dengan goham/manik. Hal ini bisa ditandai dengan ayam tiba-tiba susah berkokok, nafsu makan agak berkurang, keluar lendir dari mulutnya. Penyakit ini menyerang dalam mulut ayam berupa bintik-bintik putih kekuningan yg berada di tenggorokan ayam. Penyakit ini jangan dianggap enteng karena penyakit ini bisa berubah mejadi dugal/tumur pada ayam.

Ayam manic/Goham yaitu bintik-bintik putih kekuningan yg berada di tenggorokan ayam (kalau manusia disebut sariawan). Beberapa cara mengatasi:

  1. Setiap malam dikasih madu asli.
  2. Menggunakan Ester C ( vit C dosis tinggi ) + antibiotik ( Amoxan ).
  3. Tetrachlor
  4. Obat goham bahan dasarnya (generik) ada 4 jenis: Metronidazol, Carnidazole, Dimetridazole, dan Ronidazole. Yg paling mudah didapat di apotik di Indonesia adalah Metronidazole dgn harga yg relatif murah.
  5. Menggunakan bahan alami:
  • Rebusan kacang hijau air dan kacang hijaunya dikasihkan,
  • Rebusan daun sirih yg dicamur dengan garam.
  • Remasan daun kemangi.
  • Ulat daun pisang.
  • Perasan jeruk nipis.
  • Blimbing wuluh/sayur.

Demikianlah Cara Mengobati Ayam Bubul dan Ayam Manic/Goham. Semoga bermanfaat.

Related Post