Berita Sabung Ayam

Cara Mengobati Ayam Kena Jalu

Cara Mengobati Ayam Kena Jalu

Sabung Ayam Online – Cara Mengobati Ayam Kena Jalu. Dalam suatu pertarungan antara ayam jalu, pasti para penghobi ayam laga pernah melihat ayam yang terkena jalu sampai parah ataupun biasa saja.

Dalam ilmu pertarungan, ayam aduan yang kena jalu (pukul) di bagian atas telinga (bagian saraf ) disebut jiling. Penyebab bisa terkena jalu di bagian itu karena sistem pertahanan ayam dalam keadaan lemah dan dengan mudahnya ayam jalu memukul bagian tersebut. Lalu, bagaimana cara mengatasi jika ayam bangkok kita terkena jalu di bagian tersebut? Dalam pembahasan berikut ini tim juarasabungayam.org akan menguraikan kutipan dari Situs Judi Agen Sabung Ayam Online baru-baru ini.

Cara Mengobati Ayam Kena Jalu

Pertolongan pertama saat ayam terkena jalu dan hampir mati hal pertama yang dilakukan adalah ayam tersebut jangan diangkat, berilah carang atau kayu atau apa saja untuk mengganjal antara paruh atas dan paruh bawah agar tidak menutup. Cara tersebut dapat mencegah ayam mati, karena saat ayam antara paruh bawah dan atas menutup maka semua saraf motorik ayam tersebut terhenti. Dan fungsi ganjal tadi adalah mencegah saraf tersebut berhenti.

Ayam Kena Jalu cara mengatasi:

1. Bersihkan dengan air garam atau air sirih hangat, vetsin/micin juga bisa,atau bubuk arang.

2. Lukanya dibersihkan dengan alkohol / antiseptik atau mandikan dengan antiseptik (rendam ). Bila hanya sebesar lobang < 3 mm cukup dimasukan salep teramycin kelobang jalu untuk kasus ini berikan peroral Ampisillin cap 250 berikan 2 kali sehari selama 3 hari. Bila lebar luka perlu dijahit dan dalam kasus tertentu ayam menderita luka jalu yang banyak sekali harus disuntik Terramycin 1CC dan peroral 250 mg ampisillin 2 kali sehari selama 3 atau 4 hari .Selama masa pengobatan jauhkan dari lalat dan jangan dimandikan.

3. Berikan obat seperti amoxcilin, supertetra, domex dan juga vitamin seperti B komplek untuk mempercepat memulihkan luka dan stamina.

Demikianlah uraian singkat tentang Cara Mengobati Ayam Kena Jalu. Semoga bermanfaat.

Related Post