Cara Mengobati Bubul Ayam
Berita Sabung Ayam

Cara Mengobati Bubul Ayam Bangkok Aduan

Sabung Ayam Online – Cara Mengobati Bubul Ayam Bangkok Aduan. Penyakit bubul yang biasanya terjadi pada kaki ayam bangkok aduan dikarenakan adanya infeksi bakteri.

Infeksi ini biasanya berawal dari sedikit luka pada kaki ayam aduan yang disebabkan oleh gesekan lantai kandang yang kasar, keras, dan tidak elastis.

Untuk menghindarinya, sebaiknya kandang ayam aduan tidak terbuat dari bambu, kawat, dan kayu karena bisa menyebabkan bubulan pada kaki ayam aduan.

Sedikit luka pada kaki ayam aduan dengan alas kandang yang kotor dari kotoran ayam itu sendiri maka bakteri akan mudah masuk kedalam luka.

Bakteri yang masuk kedalam luka pada kaki ayam aduan akan menyebabkan infeksi. Bakteri otomatis akan dilawan alamiah oleh sel darah putih kemudian bakteri kalah dan berubah menjadi nanah yang akhirnya menjadi keras berubah seperti keju atau nasi putih didalam kulit ayam bangkok. Terlihat seperti benjolan dan ini akan menyebabkan ayam susah untuk berdiri dan akan mengganggu saat di adu.

Cara Mengobati Bubul Ayam Bangkok Aduan

Berikut ini adalah Cara Mengobati Bubul Ayam Bangkok Aduan yang di rangkum dari berbagai macam berita sabung ayam online oleh tim juarasabungayam.org  :

– Letakkan kaki ayam aduan yang terkena bubulan ke dalam lumpur yang telah ditaruh rinso atau garam. Bubul merupakan kulit parasit yang bisa dicabut karena dapat mengelupas.

– Berikan obat kutil seperti colomac lalu bersihkan dan sterilkan kaki ayam aduan yang terkena bubul menggunakan alkohol, oleskan colomac dan bungkus luka dengan plester.

– Jika menggunakan conterpain, bersihkan dan keringkan kaki ayam aduan yang terkena bubul lalu oleskan, tahan dan pegang kaki ayam hingga conterpain kering kurang lebih 5 menit.

– Memakai koyo cabe. Bersihkan kaki ayam kemudian tempelkan koyo cabe lalu ganti koyo cabe setiap 3x sehari.

– Menggunakan paku yang dibakar terinspirasi dari pengobatan zaman dulu yang dipercaya jika membakar luka dengan paku bakar merupakan cara mensterilkan luka dari bakteri.


Selain cara-cara diatas, ada juga alternatif lain seperti melakukan operasi yang sederhana dengan cara dibedah.

Alat-alat yang disiapkan untuk melakukan bedah yaitu pisau/gillette, betadine, alkohol, kapas, perban, benang dan jarum.

Cara membedahnya adalah sebagai berikut :

– Bersihkan bubul pada kaki ayam aduan dengan menggunakan alkohol.

– Bedah atau iris bubul atau benjolan pada kaki ayam aduan dengan cara menyilang seperti huruf X menggunakan cutter/gillette. Selanjutnya, tekan atau pencet secara perlahan hingga semua nanah keluar dan usahakan sampai benar-benar bersih.

– Kemudian olesi bekas sayatan menggunakan betadine, perban kaki ayam aduan hingga benar-benar kuat dan tidak ada ruang yang terbuka.

– Biarkan luka tertutup dengan perban selama 1 minggu, buka dan periksa kembali jika luka belum kering maka oleskan betadine kembali hingga luka jahitan benar-benar kering.

Demikianlah artikel mengenai Cara Mengobati Bubul Ayam Bangkok Aduan semoga bermanfaat bagi para pecinta Sabung Ayam. Terima kasih.

Baca Juga :

Keunggulan Pukulan Ayam Bangkok Sisik Naga Temurun

Kegunaan Jangkrik Untuk Memilih Anakan Ayam Bangkok

Related Post