Berita Sabung Ayam

Cara Mengobati Congek Pada Ayam Bangkok Dengan Minyak Kencana

Judi Sabung Ayam – Cara Mengobati Congek Pada Ayam Bangkok Dengan Minyak Kencana. Salah satu penyakit yang sering dijumpai pada ayam aduan adalah penyakit Congek. Penyakit congek adalah penyakit yang menyerang telinga pada ayam aduan. Penyakit ini mengakibatkan peradangan pada bagian tengah telinga ayam sehingga mengeluarkan cairan berwarna kuning yang berbau amis dari telinga ayam.

Telinga pada ayam aduan terbagi menjadi tiga, yaitu: telinga bagian dalam, bagian tengah dan bagian luar. Teliga bagian tengah adalah bagian dari gendang telinga. Pada bagian inilah yang menjadi penyakit congek. Penyakit congek dalam bahasa medis disebut dengan Otitis Media Akut (OMA).

Baca Juga : Tips Menjinakkan Ayam Bangkok Yang Bringas

Bagian telinga ayam aduan merupakan bagian penghubung suara yang di dengar pada bagian pendengaran dibagian dalam telinga. Selain itu juga terdapat saluran eustachius yang menghubungkan telinga bagian tengah dengan rongga hidung bagian belakang, serta bagian tenggorokan atas.

Beberapa cara yang mudah untuk mengobati penyakit congek. Contohnya dengan meneteskan obat tetes khusus untuk telinga ayam yang diproduksi oleh pabrik, dapat juga menggunakan minyak kencana. Minyak kencana cukup aman dan bagus digunakan, karena tidak memiliki efek samping pada ayam aduan, selain itu minyak kencana juga berfungsi untuk mengobati infeksi luka berat yang bernanah. Minyak kencana bereaksi dengan cepat untuk mengeringkan luka dengan catatan selama pemakaiannya tidak terkena air.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengobati congek pada telinga ayam aduan dengan minyak kencana, yaitu:

– Sediakan minyak kencana.

– Bersihkan telinga ayam aduan yang terkena penyakit congek dengan minyak kencana terlebih dahulu.

– Setelah dibersihkan, teteskan minyak kencana ke dalam telinga ayam aduan yang terkena congek, tekan secara perlahan agar minyak cepat menyebar dengan merata.

– Lakukan pemberian minyak kencana 2 hari sekali dalam 2 minggu.

– Setelah 2 minggu pemakaian minyak kencana, bila terlihat pengeringan congek maka hentikanlah pemakaian minyak tersebut.

– Bersihkan kembali bekas bekas pengeringan congek dengan minyak kencana. Setelah di bersihkan jangan terkena air selama 1 hari.

Demikianlah pembahasan mengenai “Cara Mengobati Congek Pada Ayam Bangkok Dengan Minyak Kencana.” Semoga bermanfaat.

Salam, MA

Related Post