Penyakit Berak Kapur
Berita Sabung Ayam

Cara Mengobati Penyakit Berak Kapur Pada Ayam Bangkok

Sabung Ayam – Penyakit berak kapur merupakan jenis penyakit yang paling mudah menyerang ayam bangkok yang kita miliki. Apa lagi pada musim pancaroba seperti ini, peluang ayam kita untuk terserang penyakit ini sangat mudah.

Sebutan penyakit kapur ini pun sebenarnya berasal dari  kotoran ayam yang mengering, yang kemudian akan berubah menjadi seperti serbuk seperti kapur. Oleh karena itulah para masyarakat menyebut penyakit ini penyakit kapur.

Untuk mengenali tanda serta ciri jika terkena penyakit ini dapat juga kita kenali sendiri yaitu :

1. Ayam mengalami diare, dimana pada kotoran yang dikeluarkan berwarna putih serta pada bagian dubur ayam mengeluarkan lendir.
2. Ayam menjadi pucat,lemah lesu dan mudah mengantuk
3. Nafsu makan ayam bangkok yang berkurang
4. Bulu ayam yang terlihat kusam dan sering berdiri

Untuk penularan penyakit seperti ini dapat melalui beberapa cara, yaitu : 

  • Tempat pakan, air minum dan kandang yang kurang bersih
  • Melalui kotoran maupun melalui udara.
  • Melalui anak ayam yang berasal  dari induk yang terkena berak kapur

Namun tidak perlu khawatir, karena penyakit seperti ini dapat diatasi melalui beberapa cara :

1. Bersihkan dengan segera kandang beserta alat pakan dan minum sang ayam. Pisahkan ayam yang sakit dari ayam yang sehat karena jika tidak ayam yang lain akan ikut tertular juga. untuk telur yang akan menetas sebaiknya dipilih dari induk yang benar – benar sehat.

2.   Saat sedang dalam masa kawin, ayam jantan maupun yang betina yang terkena penyakit seperti ini sebaiknya jangan pernah dipakai. Sebab anak yang akan dihasilkan nanti akan ikut tertular penyakit ini.

3. Sebelum melakukan penetasan , telur- telur dibersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan kapas yang sudah dibasahi dengan alkohol 70 % .

4. Kotoran ayam yang berwarna putih seperti kapur, harus segera di buang atau bila perlu di musnahkan.

5. Cara yang terakhir yaitu dengan pemberian streptomycin, coccilin kapsul dan penstrep (penicilin-streptomycin). untuk dosis yang digunakan harus disesuaikan dengan anjuran dari pabrik pembuatnya seperti yang terdapat pada labelnya.

Nah, demikian artikel mengenai Cara Mengobati Penyakit Berak Kapur Pada Ayam Bangkok. semoga artikel ini dapat membantu kalian ya para juragan juara sabung ayam. Terima kasih dan Salam Juara.

Baca Juga :

 

Related Post