Cara Menilai Ayam Bangkok Berkualitas Dari Bentuk Tulang
Berita Sabung Ayam

Cara Menilai Ayam Bangkok Berkualitas Dari Bentuk Tulang

Sabung Ayam Online–Ayam bangkok terbaik belum tentu mempunyai kualitas yang bagus dalam pertandingan, sering kali para penggemar sabung ayam mencari petarung hanya dilihat dari gaya bertarung dan keturunan dari induknya saja. Sangat jarang sekali para bobotoh menilai dari kualitas bentuk tulang, padahal susunan tulang yang bagus merupakan modal utama ayam bangkok untuk memenangkan pertandingan.

Petarung yang berkualitas selalu berhasil mengalahkan lawannya diarena pertandingan dan banyak ayam bangkok yang memiliki tulang besar, kuat, kekar serta tulang rapat mampu mendominasi jalannya pertandingan bahkan memenangkan setiap pertandingan laga.

Ayam bangkok yang memiliki bentuk tulang rapat pada bagian pangkal sayap, pada tulang leher dan juga pada bagian kloaka merupakan ayam bangkok yang berkualitas dan mempunyai kemampuan yang diatas rata-rata jika dibandingkan dengan ayam bangkok jenis lainnya.

Sebenarnya banyak cara untuk menilai ayam bangkok berkualitas, salah satunya ciri bentuk tulang yang bagus untuk ayam bangkok adalah memiliki ruas pertuangan yang relatif rapat serta pada bagian pertulangan dada yang mempunyai bentuk lurus memanjang, dapat dikatakan bahwa ayam bangkok tersebut merupakan ayam yang unggul.

Maka untuk membahas lebih lanjut pada artikel kali ini kami akan membagikan kepada para bobotoh info mengenai Cara Menilai Ayam Bangkok Berkualitas Dari Bentuk Tulang.

Cara Menilai Ayam Bangkok Berkualitas Dari Bentuk Tulang

Berikut beberapa cara untuk menilai ayam aduan bangkok dari bentuk tulangnya yakni:

– Tulang Dada
Pengecekan pada tulang ayam bisa dilakukan dari bagian dada, jika ayam bangkok mempunyai dada yang memanjang hingga bagian perut dengan capit kloaka maka ayam tersebut mempunyai tulang dada yang bagus.

Akan tetapi tulang dada yang baik adalah mempunyai bentuk lurus atau sedikit cembung dan jika ada bengkok karena faktor gen atau keturunan maka masalah tersebut bisa dihindari dengan cara mencari induk dan pejantan dengan tulang yang baik sehingga bisa menghasilkan ayam aduan dengan tulang yang jauh lebih kuat.

– Ukuran Ketebalan Tulang
Kita juga bisa menilai ayam bangkok berkualitas dari ukuran ketebalan tulang tersebut karena selain faktor keturunan, masih banyak faktor lain yang membuat tulang ayam melengkung yaitu karena ukurannya terlalu kecil atau tipis.

Cara cek secara langsung ukuran ketebalan tulang tersebut dengan cara seperti meletakkan dua jari tangan pada bagian depan dan belakang leher dan masing-masing ujung jari ditekan agar dapat bertemu dengan tulang bagian pundak atau tulang pangkal sayap yang berada di apitan pangkal leher. Apabila kedua ujung jari dapat masuk ke celahnya, maka sudah dapat dipastikan bahwa ayam bangkok tersebut tidak berkualitas.

Jadi sebelum membeli ayam bangkok, kita juga harus teliti dalam mengambil sebuah keputusan karena jika ayam bangkok memiliki sistem tulang yang relatif lemah, kecil dan kurang rapat makan sudah bisa dipastikan ayam bangkok akan cepat dikalahkan oleh ayam lain dalam pertandingan Sabung Ayam.

Selain itu jika memilih indukan ayam bangkok sebagai pejantan untuk diternakan, sebaiknya kita mencari ayam yang memiliki sistem pertulangan sempurna dengan memiliki struktur tulang utama besar, tebal dan kekar serta padat pada bagian dada. Akan tetapi untuk ayam indukan, kita harus memilih ayam yang mempunyai otot serta daging yang lebih lembut.

Demikianlah uraian tentang Cara Menilai Ayam Bangkok Berkualitas Dari Bentuk Tulang. Semoga berguna bagi semua pecinta sabung ayam.