Cara Menilai Ayam Bangkok Menangan Dari Warna Bulunya
Berita Sabung Ayam

Cara Menilai Ayam Bangkok Menangan Dari Warna Bulunya

Sabung Ayam Online-Dalam dunia sabung ayam, untuk menilai kualitas dari ayam petarung tersebut bagus atau tidak bisa dengan berbagai cara. Contohnya bisa kita nilai berdasarkan warna bulu pada ayam bangkok yang memperindah penampilannya, yang menggambarkan wibawa yang berbeda-beda.

Warna pada ayam bangkok pun tentunya sangat bervariasi mulai dari warna hitam, kuning, blorok dan masih banyak warna lainnya. Warna bulu pada ayam bangkok pun dinilai memiliki tingkat dan juga kualitas yang berbeda-beda bagi para botoh tua.

Ayam bangkok berpetuah merupakan petuah ayam di Thailand yang dipercayai sebagai ayam yang kuat dan menangan, karena warna tersebut memiliki mitos atau menjadi patokan bagi para pecinta sabung ayam sejak zaman dahulu. Para botoh tua juga mempercayai jika warna pada ayam bangkok merupakan sebuah lambang kualitas dari ayam tersebut.

Lantas bagaimana cara menilai ayam bangkok aduan berkualitas berdasarkan warna bulunya? Maka akan kita bahas pada artikel kali ini mengenai Cara Menilai Ayam Bangkok Menangan Dari Warna Bulunya.

Cara Menilai Ayam Bangkok Menangan Dari Warna Bulunya

Seperti yang kita ketahui, dalam dunia sabung ayam jenis ayam sabung dan warnanya sangatlah banyak dan juga bervariasi. Hal tersebut pun kerap dijadikan kepada para botoh tua untuk menilai kualitas dari ayam tersebut. Berikut beberapa warna pada ayam bangkok yang dipercayai para botoh tua memiliki kualitas super dan menangan yakni:

1. Bangkeh

Bangkeh ini memiliki arti warna bulu antara bulu dan rawisnya nyaris sama, yang dikenal dengan kegesitan dan keuletannya dalam bertarung. Emas dan juga merah adalah jenis variasinya.

Emas sendiri mempunyai bulu-bulu dan rawisnya yang berwarna emas yang dikaitkan dengan kata bangkeh emas. Sementara warna merah sendiri memiliki bulu dan rawis berwarna merah yang dikaitkan dengan kata bangkeh api.

2. Hitam Atau Taduang

Perhitungan perlu dilakukan untuk warna ayam yang satu ini. Cirinya adalah jika mempunyai bulu dasar, bulu hias, dan rawis berwarna hitam. Apabila hitam mulus disebut dengan ayam sipatung rimbo, yang terdiri dari warna hitam dengan rawis hitam paruh, kaki, dan mata.

3. Kinantan

Kinantan memiliki arti putih, yang mengartikan warna bulu dan rawis nya putih dan kerap ditakuti jenis ayam lainnya.

4. Wiring Galih

Wiring galih memiliki arti warna bulu dasar hitam dengan paruh dan juga sisik kaki hitam, yang kerap memiliki nafas yang panjang dalam arena. Untuk bulu hiasan nya dan juga rawis memiliki warna campuran antara hitam dan juga coklat.

5. Kuriak atau Jali

Yang terakhir jenis kuriak atau jali ini terbilang cukup unik. Kuriak atau jali ini memiliki warna campuran antara hitam dan juga abu-abu, atau coklat dan juga hitam dengan dua warna garis-garis kecil. Jenis ini kerap mematikan dalam arena dengan gaya tarung nya yang terarah dan keras.

Demikianlah uraian Cara Menilai Ayam Bangkok Menangan Dari Warna Bulunya. Semoga berguna bagi semua pecinta sabung ayam.