cara merawat ayam bangkok aduan super ganti bulu - sabung ayam online
Berita Sabung Ayam

Cara Merawat Ayam Bangkok Aduan Super Ganti Bulu

Sabung Ayam Online – Proses pergantian bulu atau bisa disebut dengan istilah mabung merupakan hal yang rutin dan bisa terjadi setiap tahun, dimana pada saat pergantian bulu ayam bangkok aduan super para botoh tidak terlalu menyadari tentang kondisi ayam karena pada saat pergantian bulu ayam bangkok aduan super membutuhkan berbagai mineral dan protein. Saat ini kami akan membagikan informasi tentang cara merawat ayam bangkok aduan super ganti bulu.

Cara Merawat Ayam Bangkok Aduan Super Ganti Bulu

Kebanyakan para botoh hanya memperlakukan ayam bangkok yang sedang ganti bulu sama halnya dengan ayam lainnya. Akan tetapi ayam bangkok yang sedang ganti bulu ternyata membutuhkan asupan dan mineral yang cukup banyak. Pada fase ganti bulu ini, bisa di bilang fase istirahat panjang dan sangatlah perlu diberikan dan perlu diberikan pakan khusus yang lebih mempunyai gizi tinggi dan mineral serta vitamin yang cukup.

Bila kebutuhan mineral dan protein yang tidak tercukupi dalam jumlah yang cukup maka ayam bangkok aduan super akan mengalami penurunan kualitas fisiknya serta efek selanjutnya akan berpengaruh pada saat ayam aduan akan bertarung karena ayam akan terlihat sangat lemah dan terlihat kurang sehat.

Pada saat ganti bulu, ayam bangkok aduan super sebaiknya diberikan pakan ayam petelur dengan kadar protein 16% sedangkan ayam lain sangat tidak cocok karena kandungan kalori dan protein yang terlalu berlebihan. Hal ini ditunjukan untuk menghindari terjadinya kegemukan dan hal ini tentu akan berakibat penumpukan tulang dada dan hal ini akan sangat mengganggu stamina ayam bangkok.

Sewaktu masa ganti bulu, ayam juga tidak membutuhkan umbaran yang rutin dan kita bisa melakukan umbaran 3 hari sekali saja untuk mengepakkan sayap dan melemaskan otot yang kaku. Kita juga perlu hati-hati jika memegang ayam yang sedang ganti bulu karena bulu masih muda dan akan terasa sakit apabila dipegang.

Kemudian selama periode penggantian bulu biasanya memakan waktu beberapa bulan dan kita juga harus memperhatikan kandang ayam karena jangan sesekali kita menempatkan ayam bangkok aduan super dalam kandang yang memiliki sudut kandang yang cukup tajam karena hal tersebut dapat mengganggu pertumbuhan bulu bahkan bisa merusak bulu muda yang baru tumbuh.

Sekian informasi yang dapat tim juarasabungayam bagikan tentang cara merawat ayam bangkok aduan super ganti bulu. Semoga bermanfaat untuk anda. 🙂

Baca juga : 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.