Cara Merawat Ayam Bangkok
Berita Sabung Ayam

Cara Merawat Ayam Bangkok Aduan Setelah Selesai Berlaga

Sabung Ayam – Cara Merawat Ayam Bangkok Aduan Setelah Selesai Berlaga sangat lah penting untuk diperhatikan.  Ayam bangkok yang terkadang mengalami luka saat selesai berlaga tentu harus segera di rawat dan di obati. Stamina yang telah dikeluarkan juga perlu dipulihkan kembali.

Oleh karena itu pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai cara merawat ayam bangkok setelah selesai di adu. Ada beberapa perawatan yang wajib dilakukan setelah sang ayam selesai diadu. Apalagi jika mengalami cedera parah, ayam harus segera ditangani agar cidera yang dialami nya dapat cepat menghilang. Berikut cara-cara yang dapat diberikan :

1. Penyembuhan Luka
Kepala, leher, dan sayap merupakan bagian dari tubuh ayam yang paling sering terkena luka pada saat berlaga. Cidera seperti ini harus segera di tangani agar luka cepat mengering sehingga tidak berisiko terhadap inveksi bakteri. Kita dapat menyembuhkan luka luar pada ayam dengan mudah melalui pemberian Betadine atau Tetayokcin. Cukup dioleskan saja pada bagian yang terluka.

2. Pemulihan Saluran Pernafasan
Selain luka luar, ayam juga mengalami luka dalam salah satu nya adalah saluran pernafasan ayam yang mengalami kelelahan. Kita harus segera melakukan tindakan pemberian antibiotik agar ayam tidak mengalami peradangan sehingga ayam aduan terhindar dari infeksi bakteri yang dapat memunculkan penyakit ngorok.

3. Pemulihan Stamina
Tentunya ini merupakan hal penting yang dibutuhkan ayam saat berlaga. Stamina ayam yang sudah berkurang karena telah selesai di adu harus segera dipulihkan. Dalam pemulihan juga dapat melalui beberapa cara seperti pemberian jamu khusus yaitu dari bahan alami berupa kencur basah, beras, telur bebek, madu, dan gula aren yang dapat kita buat sendiri juga.

Setelah selesai diberikan jamu, mandikan ayam bangkok kita menggunakan air rebusan daun sirih dan jahe, agar mengembalikan otot-otot ayam yang kaku.

Selama proses pemulihan, usahakan ayam bangkok kita tidak melakukan aktivitas yang berat. Jauhkan juga ayam bangkok kita dari ayam yang lain, agar ayam tidak bertarung dengan ayam lain. Simpan ayam secara khusus dan pastikan makanan, air serta suplemennya diberikan secara tepat.

Demikian artikel mengenai Cara Merawat Ayam Bangkok Aduan Setelah Selesai Berlaga. Semoga artikel ini dapat membantu kalian para pecinta sabung ayam.

Baca Juga :

Related Post