cara merawat bulu ayam
Berita Sabung Ayam

Cara Merawat Bulu Ayam Aduan yang Sedang Mabung

Cara Merawat Bulu Ayam Aduan yang Sedang Mabung. Mabung atau Nyulam ialah proses dimana ayam aduan sedang melakukan pegantian bulu secara rutin, yang terjadi pada setiap tahun. Mabung pertama biasa terjadi ketika ayam jago berusia kurang lebih 7-8 bulan. Sedangkan untuk mabung selanjutnya atau yang biasa dikenal dengan sebutan ngurak, akan terjadi lebih lama dan biasanya sekitar 10 bulan atau setahun sekali.

Terkadang banyak dari para peternak dan para bobotoh yang tidak terlalu memperhatikan keadaan ayam aduan yang sedang mabung. Pada dasarnya ayam aduan yang sedang melakukan proses pergantian bulu, membutuhkan perawatan yang lebih. Karena pada saat proses pergantian bulu atau mabung, ayam lebih membutuhkan banyak gizi, mineral, protein serta vitamin yang cukup untuk mendongkrak keadaan fisik tubuhnya. Ayam aduan yang sedang mabung biasanya kekuatan, otot-otot dan mentalnya akan menjadi lebih lemah.

Untuk kasus seperti ini pasti para bobotoh sering melihatnya, apabila ayam aduan sedang mengalami proses mabung. Maka otot-otot akan menjadi lebih lembek, dan berat badan ayam aduan akan menurun bahkan keadaan mentalnya pun kurang stabil. Misalnya seperti ayam aduan tidak mau dipegang dan menjadi giras. Dengan demikian, ayam yang sedangmabung haruslah diberi perhatian serta perawatan yang lebih.

Berikut Adalah Cara Merawat Bulu Ayam Aduan yang Sedang Mabung :

  • Sebaiknya ayam jangan diadu atau di beri latihan abar. Karena pada proses pergantian bulu, keadaan psikologis atau mental ayam aduan tidak stabil. Dan yang ditakutkan bila nantinya ayam aduan akan menjadi pedot bahkan bisa juga turun mental.
  • Ayam aduan yang sedang dalam proses ganti bulu sebaiknya diberikan pakan yang ekstra, agar tubuh ayam aduan tidak kekurangan zat-zat seperti vitamin, protein serta serat-serat lainnya. Supaya nanti pada saat selesai ganti bulu otot ayam tidak terlalu kendor dan juga ringan. Namun bobotoh juga harus ingat, bahwa tidak boleh terlalu berlebihan karena akan membuat ayam aduan menjadi kegemukan. Karena ayam aduan yang gemuk akan lebih cepat lelah dan juga lamban.
  • Ayam aduan yang sedang ganti bulu sebaiknya diberikan minyak ikan minimal seminggu sekali atau bisa juga seminggu dua kali. Minyak ikan ini juga berguna untuk mempercepat pertumbuhan bulu pada ayam aduan. Dan perlu bobotoh ketahui bahwa minyak ikan banyak mengandung vitamin, kalsium , protein dan juga serat kasar. Yang baik untuk memenuhi gizi pada ayam yang sedang berganti bulu.
  • Pada saat mabung, ayam aduan jangan sering diumbar. Karena panas matahari dapat memperlambat pertumbuhan bulu yang belum mecah. Memang banyak yang bilang jika ayam dijemur akan mempercepat proses mabung, namun itu tidak sepenuhnya benar. Panas matahari memang bagus untuk bulu ayam yang sudah mulai mecah, namun sebaliknya sinar matahari tidak bagus untuk bulu ayam yang baru akan keluar. Jadi untuk tahap pertama sebaiknya ayam aduan jangan terlalu sering diumbar. Bobotoh bisa lakukan dua kali dalam seminggu, untuk melemaskan otot-otot ayam dan juga tidak boleh terlalu lama.

Kemudian yang terpenting pada saat ganti bulu, usahakan bulu yang masih muda jangan sampai rusak apalagi pada bagian sayap. Karena apabila bulu yang masih muda rusak, maka bisa saja nanti pada saat tumbuh akan menjadi tidak lurus bahkan keriting. Bagaimana jika itu terjadi dibagian sayap ? pastinya itu akan berpengaruh terhadap pukulan ayam nantinya.

Demikianlah “Cara Merawat Bulu Ayam Aduan yang Sedang Mabung“. yang dikutip dari JuaraSabungAyam. Semoga ini bermanfaat untuk para bobotoh dan penggemar sabung ayam lainnya.