Berita Sabung Ayam

Ciri-ciri Ayam Aduan Bantat Dan Cara Mengatasinya

Sabung Ayam Online-Dalam arena laga saat ayam sedang bertarung tentu fisiki yang kuat dan otot yang kuat sangat diperlukan ayam tersebut untuk mematikkan lawan.

Namun bagaimana jika ayam tersebut memiliki otot yang berlebihan atau biasa disebutkan ayam bantat oleh para bobotoh tua?

Tentunya jika ayam tersebut memiliki otot yang berlebihan tidak akan bagus dan akan berdampak buruk bagi sam ayam aduan diarena natinya.

Dan untuk para bobotoh yang masih belum pernah dan belum paham dengan ayam bantet ini maka diartikel ini akan kita bahas mengenai Ciri-ciri Ayam Aduan Bantat Dan Cara Mengatasinya.

Ciri-ciri Ayam Aduan Bantat Dan Cara Mengatasinya

Untuk mengenali ciri-ciri ayam bantat ataupun ayam yang berlebihan otot sebenarnya sangat mudah untuk bobotoh kenali.

Cara utama yang bisa bobotoh lakukan bisa dengan memegang badannya akan terasa berat dan kaku, sementara ayam aduan yang memiliki keadaan yang normal apabila di pegang badannya akan terasa kencang namun tetap lentur.

Dapat juga bobotoh kenali dari saat ayam tersebut berlaga, biasanya ayam bantat tidak dapat memukul lawannya dengan leluasa karena otot yang kaku dan juga nafasnya akan cepat lelah.

Untuk mengatasinya sendiri bobotoh bisa gunakan beberapa cara dibawah ini yakni:

1. Usapkan ayam tersebut menggunakan air dibagian sayap dan bagian selangkangan setelah itu dijemur dan sediakan air minum apabila ayam sudah mulai membuka patuknya karena kepanasan, diangkat dan di umbar ke kandang yang lebar serta beralaskan pasir agar ayam bisa melakukan mandi pasir.

2. Ayam aduan di berikan senam namun ayam tidak di mandikan hanya di beri minum saja. Latihan senam yang di berikan pada ayam aduan adalah jalan jongkok di dorong membentuk angka 8 ayam aduan jangan sampai kelelahan dan ulang kembali apabila nafas ayam sudah kembali normal.

3. Setelah itu dorong ke kiri dan kanan sambil mengarahkan kaki ayam sewaktu berjalan melipat dan lakukan sebanyak 30 kali.

4. Setelah melakukan pelatihan tersebut peganglah bagian dada dan akan terlihat lebih lentur. Ayam tetap jangan di mandikan terlalu basah.

5. Setelah bulu agak kering umbar di kandang yang lebih luas. Proses latihan ini bisa bobotoh berikan setidaknya 4x dalam seminggu.

Penyebab Ayam Bantat

Selain ciri dan cara pengobatannya bobotoh juga harus mengenali apa saja penyebab ayam tersebut bisa menjadi bantat, karena biasanya penyebabnya bisa jadi adalah bobotoh sendiri.

Ayam yang memiliki tubuh dan otot yang kekar memang sangat disarankan, namun jika berlebihan tidak akan baik untuk pertumbuhan sang ayam.

Dan juga diarena ayam akan menjadi susah untuk bergerak dan juga pukulannya akan menjadi tidak terarah serta menjadi cepat lelah.

Berikut beberapa penyebab ayam menjadi bantat yakni:

– Ayam aduan kurangnya minum.
– Ayam aduan rutin berlatih berat tanpa istirahat.
– Ayam aduan hanya makan dan minum di kandang tanpa diumbar, mandi dan jemur.
– Ayam aduan yang di mandikan namun tidak sempat di jemur karena cuaca yang tidak mendukung.
– Ayam aduan dimandikan setelah ayam diabar dimalam hari.

Demikian uraian tentang ‘Ciri-ciri Ayam Aduan Bantat Dan Cara Mengatasinya‘. Semoga berguna bagi semua pecinta sabung ayam.

Related Post