ciri umum ayam pama
Berita Sabung Ayam

Ciri Ciri Umum Ayam Pama Original

Ciri umum ayam pama original. Para pecinta sabung ayam pasti sudah pernah mendengar istilah Ayam Pama , karena di Indonesia sendiri sudah banyak penjual Ayam Pama.

Namun untuk mengetahui ciri umum Ayam Pama kalian harus mengetahui cara perawatan dan pelatihannya supaya kekuatan pukulan bertarungnya kuat.

Ayam aduan ini biasanya hasil dari perkawinan antara ayam bangkok dan birma, seperti yang bobotoh ketehui bahwa ayam bangkok dan birma adalah jenis ayam yang banyak disukai oleh pecinta ayam aduan karena memiliki keunggulan serta kekuatan bertarung yang sangat mengejutkan. Seperti yang akan di bahas oleh juarasabungayam.org.

Berikut merupakan ciri umum Ayam Pama :

– Jenis Ayam Pama biasanya tidak bongsor tetapi lebih besar dari ayam aduan lainnya. biasanya Ayam Pama memiliki berat 3,5kg dan membantu sang ayam menghasilkan pukulan yang lebih kuat.
– Memiliki warna yang sangat unik, warna yang ada di bulu Ayam Pama seperti warna merah, abu-abu, kuning mas, hijau, dan hitam.
– Ayam jenis ini biasanya memiliki bulu yang lebat. Apabila sedang bertarung Ayam Pama akan terlihat menawan oleh bulu-bulunya.
– Bentuk kaki ayam ini berukuran kecil dan memiliki bentuk bulat seperti silinder. kaki Ayam Pama bertekstur kering dan tidak bisa dipastikan pula. Karena anda harus meilihat jenis Ayam Pama apa, apabila Ayam Pama asli biasanya memiliki kaki yang cerah.

Ayam Pama memiliki tiga jenis yang berbeda-beda :

  •  Brasilian ( Masil / Brasilian )
  •  Malaysian Khoy ( Makhoy/pakhoy )
  •  Saigon ( Magon )

Dari jenis-jenis Ayam Pama di atas memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

1. Ayam Pama-Saigon ( Magon )
– Kata Magon sendiri bersaral dari hasil perkawinan antara Ayam Birma ( Pama ) dan ayam Vietnam ( Saigon ) yang disebut Magon.
– Ukuran dari ayam saigon sendiri dibilang besar dan berat bobot tubuhnya memiliki 3kg hingga 4kg dan mempunyai kerangka tulang yang kasar.
Ayam Magon ini memiliki warna yang sedikit kurang menarik dikarenakan mempunyai warna yang gelap.
Selain memiliki warna yang gelap ayam ini juga memiliki ciri-ciri kaki yang besar , merit , kering , dan bulat.
Gaya bertarung ayam ini sedikit lambat seperti Ayam Saigon , memiliki tempel kiri dan kanan untuk mengunci dengan pukulan, Ayam pama sendiri mempunyai pukulan yang keras dan tingkat akurasinya sampai 90% mengenai kepala yang meliputi mata, paruh , tenggorokan.

2. Ayam Pama-Malaysian ( Makhoy / Pakhoy )
Makhoy atau Pakhoy berasal dari perkawinan antara Ayam Pama dan Ayam Khoy atau sebutan lainnya ayam cangkul yang kebal terhadap Jalu
Bentuk Ukuran ayam ini lebih besar dari ayam pama asli, beratnya mencapai 3,2kg.
Ayam ini memiliki bulu yang lebat dan memiliki warna yang lebih menarik.
Ayam Makhoy sendiri memiliki kaki yang kecil, kering , bulat dan pendek. Ciri ini seperti Ayam Bangkok

3. Ayam Pama-Brasil ( Masil / Brasilian )
Masil adalah perkawinan antara Ayam Pama dengan Ayam Brasilian atau biasanya disebut dengan ayam Brasil
Ukuran Ayam biasanya memiliki berat 3,5kg.
Memiliki bulu yang lebat dan warna yang gelap.

Sekian penjelasan dari juarasabungayam.org. tentang ciri-ciri Ayam Pama dan jenis-jenisnya. Semoga bisa membantu para bobotoh dalam menjalankan bisnis ayam aduan, Terimakasih.