Kiat berternak ayam aduan
Berita Sabung Ayam

Dari Hobby bisa menjadi Peluang Bisnis, kenapa tidak dicoba??

Dari Hobby bisa menjadi Peluang Bisnis
Dari Hobby bisa menjadi Peluang Bisnis

Sabung Ayam Online – Dari Hobby bisa menjadi Peluang Bisnis, beberapa kiat awal dalam berternak ayam aduan yang pertama itu mencari indukan, dalam memilih indukan harus memperhatikan bibit, bebat dan bobot nya. Begitu juga dengan jantan nya supaya bisa menghasilkan kualitas keturunanan yang bagus. Dimulai dari proses mengawinkan serta menyiapkan segala nya di mulai dari kandang umbaran, kandang buat anakan serta untuk bertelur sang induk. Biasanya setelah proses perkawinan 15 hari indukan akan mulai bertelur, jadi bisa dibuatkan kotakan dengan alas jerami, rumput kering atau kain bekas intinya harus dalam keadaan kering dan mampu menyerap panas. Biasanya saat yang tepat untuk masa pengeraman adalah musim kemarau, karena panas suhu serta cuaca sangat membantu proses pengeraman.

Baca Juga : Ajak Ayam Aduan Kesayangan Anda Berjemur Yukkkk!

Proses pengeraman berkisar 20-23 hari, setelah telur menetas dilakukan pemisahan antara anak ayam dan indukan karena anak ayam rentan dan gampang mati. Jangan lupa selalu perhatikan asupan vitamin agar anak ayam berkembang dengan cepat. Anda dapat langsung berkonsultasi dengan penjual pakan ternak tentang asupan vitamin untuk ayam anda. Selain itu jangan lupa memperhatikan pakan ternak karena tumbuh kembang ayam tergantung dari jenis pakan yang kita berikan, seperti :
1. Dedak padi : memiliki asam amino yang tinggi bagus untuk membesarkan otot, tetapi kurang cocok untuk anak ayam karena menggandung serat kasar yang sul
it di cerna nya.
2. Jagung dan Singkong : merupakan pakan yang favorit karena mengandung protein yang cukup tinggi.
3. Tepung Tulang : mengandung phosphor dan kalsium untuk pertumbahan tulang dan diperhatikan juga takaran tidak boleh terlalu berlebihan.
4. Pelet : ini merupakan pakan yang menjadi favorit bagi ternak dan peternak nya, karena pelet meningkatkan nafsu makan dari ternak tersebut. Ini merupakan beberapa contoh dari pakan ternak, karena masih banyak lagi yang bisa dijadikan pilihan bagi para peternak.

Baca Juga : Mencegah Berkembangbiaknya Lalat pada Kandang Ayam Aduan

Namanya juga ayam, sesuatu hal bisa saja terjadi. Misalnya ayam terkena penyakit. Bentuk penyakit ayam berbeda-beda dari kelumpuhan sampai ayam demam panas, murung, meriang dan flu. Oleh sebab itu, jika ayam bangkok super mengalami gejala penyakit seperti itu harus segera diatasi dengan memberikan obat atau vaksinasi ayam sampai ayam bangkok sehat dan pulih kembali.

Baca Juga : Ayam yang memiliki sisi Magis ternyata ada looo “Ayam Suro pengantin”.

Masalah pemasaran merupakan salah satu faktor yang penting dalam usaha peternakan ayam bangkok yang bagus. Setelah mampu memproduksi beberapa ayam bangkok super, langkah selanjutnya adalah bagaimana menjual atau memasarkannya. Ada beberapa cara yang bisa ditempuh dalam menjual ayam bangkok super :
1. Penjualan dari mulut ke mulut
2. Menawarkan ayam ke lingkungan terdekat, misalnya rekan kerja, sahabat, teman, anggota keluarga, kenalan, tetangga, dll
3. Menjual ayam bangkok secara online menggunakan blog, facebook, twiiter, google plus, bbm, dll.

Naaah, dari hobby bisa menjadi peluang bisnis juga ni. Demikian sedikit ulasan tentang berternak ayam, smoga dapat menambah wawasan para pecinta ayam =)

Related Post