jenis pakan ayam pelung - ayam sabung online
Berita Sabung Ayam

Jenis Pakan Ayam Pelung Agar Mampu Berkokok Panjang

Sabung Ayam Online – Untuk bisa mendapatkan ayam bangkok yang mampu berkokok panjang tentu saja butuh perawatan yang maksimal agar suara yang dihasilkannya panjang, merdu, tidak serak, dan tidak terputus-putus. Beberapa faktor bisa menyebabkan perubahan pada suaranya diantaranya kesehatan, pemenuhan vitamin dan gizi, kebersihan kandang dan perubahan musim. Yang akan Situs Judi Agen Sabung Ayam Online Terpercaya jelaskan pada kali ini adalah jenis pakan ayam pelung agar mampu berkokok panjang.

Jenis Pakan Ayam Pelung

Ayam pelung mengalami perkembangan dan pertumbuhan tertinggi pada umur 1-6 bulan. Pada saat usia ini jika tidak diberikan gizi yang baik maka dapat mengakibatkan kekurangan gizi. Dan suara dihasilkannya menjadi kurang maksimal. Untuk itu diperlukan beberapa jenis makanan yang dapat menunjang stamina ayam jenis ini.

Jenis pakan ayam pelung dan kandungan makanan utama ayam pelung yaitu :

  • Karbohidrat

Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi. Makanan yang mengandung karbohidrat diantaranya ubi kayu, kedelai, jagung, gabah. Kebutuhan akan karbohidrat sekitar 65% dari kebutuhan hariannya yang diperoleh dari pakan konsentrat.

  • Protein

Protein untuk proses berproduksi dan pertumbuhan dimana kebutuhan protein dimasa ayam bangkok pelung masih anakan lebih banyak memerlukan protein. Selain itu protein berfungsi untuk mengembalikan kondisi tubuh setelah sakit, pembentukan telur. Protein banyak terdapat pada bungkil kelapa, bungkil kacang, dedak dan jagung halus.

  • Vitamin, Mineral, Magnesium, dan Air

Vitamin dan mineral berfungsi untuk pembentukan tulang, pertumbuhan dan daya tubuh ayam bangkok. Diusahakan agar kebutuhan akan vitamin dan mineral mencukupi terutama saat masih anakan agar pertumbuhan tidak terganggu. Jika pada masa pertumbuhan pemenuhan gizi tidak maksimal maka akan mempengaruhi perkembangan selanjutnya.

  • Lemak

Ayam pelung tetap membutuhkan lemak yang gunanya sebagai sumber energi dan pelarut vitamin. Kebutuhan akan lemak bagi indukan betina tidak begitu banyak, sekitar 5% saja agar indukan betina ayam pelung tidak mengalami kegemukan. Bila terlalu gemuk, ayam bangkok akan malas bergerak dan menurunkan produktivitas telur. Jika pada pejantan indukan akan mengakibatkan kurang gerak dan malas berkokok. Lemak didapat dari bekatul, bungkil kelapa, minyak kelapa, dedak halus, dan bungkil kacang.

Untuk makanan pelengkap ayam pelung bisa berupa dedaunan segar seperti bayam, kangkung, sawi, daun pepaya, dan masih banyak lagi. Dapat pula diberikan bekicot, kerang yang telah dicincang halus dan belut. Khusus untuk belur dipercaya bagi kebanyakan orang dapat menghasilkan suara yang bersih.

Sekian informasi yang dapat tim juarasabungayam bagikan tentang jenis pakan ayam pelung agar mampu berkokok panjang. Semoga bermanfaat untuk pecinta ayam bangkok. 🙂

Baca juga :