Kematian massal pada ayam
Berita Sabung Ayam

Kematian massal pada ayam tidak selalu disebabkan karena Flu Burung.

Sabung Ayam Online – Terkadang kematian massal pada ayam sering terjadi pada satu daerah, maka hal yang pertama di pikirkan oleh masyarakat disebabkan oleh virus H5N1 atau yang di sebut “Flu Burung”. Faktor lain dapat disebabkan oleh perubahan cuaca yaitu dengan istilah Snot disebabkan oleh bakteri Haemophillus gallinarum.

Faktor cuaca yang paling mendominan adalah fluktuasi cuaca dan kelembaban harian, akan menyebabkan kondisi makro (lingkungan kita) dan kondisi mikro (tubuh makluk hidup) harus menghadapin adaptasi yang luar biasa beratnya. Iklim Indonesia yang terkenal Tropis saat berahlih ke musim penghujan maka menyebabkan peningkatan curah hujan dan akan menambah volume air di tanah.

Hal ini menyebabkan air menjadi keruh, berbau dan bercampur lumpur. Sinar matahari relatif berkurang bahkan pada saat tertentu keadaan nya mendung atau gelap sepanjang hari. Hal ini menyebabkan menurun nya aktifitas makan dan minum serta produktivitas dari ayam menurun.

Baca Juga : Perawatan ayam aduan tidak semua harus mahal.

Kecepatan angin yang tinggi pada musim hujan bisa membuat para ayam terkena stress dingin ekstrim, jadi para peternak harus benar-benar bisa selalu memperhatikan kondisi kandang. Terutama yang mengunakan sekam yang mudah lembah serta basah yang bisa menjadi media berkembang nya bibit penyakit pada ayam.

Oleh karena itu bagi para peternak ayam harus jeli dalam menghadapin perubahan musim seperti selalu memperhatikan kebersihan, kelembaban dari kandang. Perhatikan selalu dalam pemberian asupan air karena hujan sangat mempengaruhin kualitas air.

Dalam penyimpanan pakan harus benar-benar di perhatikan sebab musim penghujan menyebabkan mudah nya pakan ternak lembab, berjamur serta berkutu. Melakukan pembatasan masa penyimpanan pakan yaitu tidak melebihi 10 hari.

Baca Juga : Resep Rahasia Agar Menang Laga Sabung Ayam

Dalam hal ini kita perlu meningkatkan kekebalan tubuh ayam agar tahan terhadap kondisi ini. Tindakan yang dilakukan yaitu:
– Pemberian multivitamin (Fortevit dan Vita Stress) dan imunostimulan (Imustim).
– Melaksanakan program vaksinasi sesuai jadwal. Beri perhatian terhadap penyakit-penyakit pernapasan yang meningkat saat musim hujan seperti ND, AI, korisa dan IB.

Demikian kiat-kiat pemeliharaan ayam selama musim hujan. Sedia payung sebelum hujan adalah ungkapan yang tepat bagi kita peternak yang ingin tetap meningkatkan performa ayam komersial di musim hujan, Wasalam =)