Kesalahan Fatal Yang Tidak Kita Sadari Saat Merawat Ayam Laga
Berita Sabung Ayam

Kesalahan Fatal Yang Tidak Kita Sadari Saat Merawat Ayam Laga

Sabung Ayam Online-Sebagai para pecinta pesabung ayam, tentunya kita selalu merawat ayam aduan kita semaksimal mungkin utnuk menghasilkan kualitas yang maksimal. Namun tak jarang juga, meski sudah melakukan segala cara mulai dari perawatan hingga pelatihan masih ada ayam bangkok yang tumbuh kurang maksimal.

Taukah para bobotoh mengapa hal tersebut bisa terjadi? Biasanya ini dikarenakan kesalahan-kesalahan yang tidak kita sadari saat memberikan perawatan kepada ayam bangkok. Maka coba lah untuk memeriksa kembali cara perawatan anda pada ayam anda untuk memastikan apakah perawatan yang bobotoh berikan sudah benar atau belum.

Namun bagaimana cara untuk mengetahui hal tersebut? Maka akan kita bahas dalam artikel kali ini mengenai Kesalahan Fatal Yang Tidak Kita Sadari Saat Merawat Ayam Laga.

Kesalahan Fatal Yang Tidak Kita Sadari Saat Merawat Ayam Laga

Berikut beberapa kesalahan yang tidak kita sadari saat merawat ayam bangkok:

– Memandikan Ayam Bangkok Dengan Air Hangat

Memandikan ayam bangkok dengan air hangat sebenarnya, tidak diajurkan untuk setiap hari. Memandikan ayam bangkok dengan air hangat setiap hari akan menghasilkan hasil yang kurang bagus.

Mengapa demikian? Karena hal tersebut bisa membuat bulu pada ayam menjadi rusak dan ayam menjadi bantat. Memandikan ayam aduan dengan air hangat hanyalah disarankan untuk membersihkan luka, mengobati kurap atau untuk mengendorkan otot setelah ayam baru selesai bertarung.

– Kesalahan Ketika Memberikan Latihan Fisik

Memberikan pelatihan fisik kepada ayam petarung, tentunya sangat diperlukan terutama untuk stamina dan juga kekuatan pada pukulannya. Namun banyak bobotoh yang salah menerapkan pola latihan sehingga berakibat fatal bagi ayam petarungnya.

Kesalahan fatal yang sering tidak disadari pun seperti memberikan pelatihan melebihi batasnya, yang dilakukan secara terus menerus tanpa diberikan waktu untuk istirahat. Pemberian yang normal sebenarnya hanya cukup dengan latihan kliter 15 – 20 menit saja.

– Menjemur Ayam Aduan Secara Berlebihan

Menjemur ayam bangkok memanglah sangat diperlukan dan bagus untuk membuat nafas mejadi panjang. Namun menjemur ayam bangkok secara berlebihan dan diwaktu yang salah bisa berakifat fatal. Waktu yang dianjurkan untuk menjemur ayam adalah dipagi hari, mulai 7-10 pagi hari dan yang dibutuhkan hanya 2-4 jam saja.

Hal Terakhir

– Memandikan Ayam Bangkok Yang Belum Sesuai Usia

Dalam merawat ayam aduan tentunya ada saja para bobotoh yang tidak sabar untuk memberikan perawatan kepada ayam petarungnya. Contohnya memandikan ayam bangkok yang masih berusia muda, padahal untuk ayam bangkok yang belum cukup umur tidak disarankan untuk dimandikan setiap hari.

Dikarenakan memandikan ayam aduan setiap hari hanyalah disarankan untuk ayam aduan yang sudah memiliki pertumbuhan bulu yang sudah benar-benar selesai dan tuntas saja.

Apabila bobotoh tidak sabar dalam pertumbuhannya, bobotoh cukup berikan minyak ikan pada anak ayam tersebut dan tidak perlu dimandikan setiap hari. Sebab pemberian minyak ikan sudah cukup untuk pertumbuhan bulu ayam bangkok.

Demikianlah uraian Kesalahan Fatal Yang Tidak Kita Sadari Saat Merawat Ayam Laga. Semoga berguna bagi semua pecinta sabung ayam.