Konsumsi Vitamin
Berita Sabung Ayam

Konsumsi Vitamin Untuk Ayam Aduan

Sabung Ayam Online – Konsumsi Vitamin Untuk ayam Aduan.  Vitamin merupakan salah satu hal yang harus dikonsumsi oleh ayam aduan, terutama untuk ayam bangkok. Dikarenakan ayam aduan harus selalu dirawat dan diperhatikan jika ingin tampil prima saat bertanding pada arena pertandingan. Pemilik ayam aduan biasanya hanya mengandalkan jamu yang berguna untuk membantu stamina pada ayam aduan.

Seiring berjalannya waktu, saat ini para pemilik ayam aduan memiliki alternatif lain yang lebih praktis yaitu vitamin yang sangat mudah dalam pemakaiannya bagi ayam bangkok aduan atau jenis ayam aduan lainnya yang sangat bermanfaat membantu menambah stamina ayam aduan pada saat di arena pertandingan.

Vitamin khusus ayam bangkok atau ayam aduan banyak ditemui di toko penjual pakan ayam. Jenis-jenis vitamin untuk ayam aduan tergolong banyak dan berbeda-beda pula khasiatnya.

Ada Dua Jenis dari vitamin ayam aduan, yaitu :
1. Vitamin yang caranya dilarutkan ke dalam air, diantanya vitamin B12, vitamin C, Vitamin B1, Vitamin B2 dan lainnya.
2. Vitamin yang mudah larut dalam minyak, diantaranya vitamin D, A, E dan K.

Tetapi dalam memberikan vitamin juga diharapkan dengan takar yang normal (tidak berlebihan) serta harus disesuaikan dengan kebutuhan karena jika berlebihan dapat membahayakan ayam aduan itu sendiri.

Konsumsi Vitamin Untuk Ayam Aduan

Berikut jenis-jenis vitamin yang harus dikonsumsi Ayam Aduan dan juga manfaat yang didapat :

Vitamin A

Vitamin A diberikan depada ayam aduan jika dalam kondisi lemas dan lesu serta tidak bersemangat. Konsumsi vitamin yang berlebihan juga mengakibatkan gangguan pada persendian ayam aduan.

Vitamin B

Vitamin B sangat diperlukan dalam proses metabolisme pada ayam aduan, namun jika pemberian vitamin terlalu berlebihan maka dapat mengakibatkan ayam aduan menjadi susah makan, jika terjadi kepada ayam aduan anda maka segera diberi minum air putih yang banyak.

Vitamin C

Vitamin C banyak terdapat pada tomat, bayam, dan lainnya. Vitamin C juga dapat membantu menambah daya tahan tubuh pada ayam aduan karena memiliki antioksidan. Namun jika berlebihan juga dapat menganggu proses pencernaan serta menyebabkan diare atau mencret pada ayam aduan.

Vitamin D

Memberikan asupan vitamin kepada ayam aduan sangatlah mudah, hanya dengan menjemur ayam aduan diantara pukul 06.00 – 07.30 karena sinar matahari pagi mengandung vitamin D serta ultraviolet.

Vitamin E

Vitamin E diberikan kepada ayam yang tidak memiliki gairah dalam mendekati ayam betina.

Demikian artikel mengenai “Konsumsi Vitamin Untuk Ayam Aduan”, semoga dapat bermanfaat ^^ .

Baca Juga :