Penyakit Ayam Aduan
Berita Sabung Ayam

Macam – Macam Penyakit Ayam Aduan Yang Sering Terserang

Sabung Ayam Online – Setiap makhluk hidup pasti akan mengalami yang namanya terserang penyakit. Inilah macam – macam penyakit ayam aduan yang sering terjadi dan cara mengobatinya :

  • Penyakit Ngorok

Ngorok umumnya terjadi karena adanya lendir yang menyumbat sistem pernapasan pada ayam mulai dari lubang hidung hingga kerongkongan. Lendir ini ada karena sistem pernafasan ayam tersebut terinveksi oleh bakteri.

Bakteri yang menyebabkan lendir tersebut cukup banyak di antaranya Chronic Respiratory Disease (CRD), ILT, Snot, Korisa, ND, IB, serta AI. Lendir ini, selain menyebabkan ngorok juga dapat membuat ayam kita bersin-bersin. Cara penyembuhannya anda dapat memberikan jeruk nipis yang telah di peras setiap pagi dan sore setiap harinya.

  • Penyakit Mata

Jika mata ayam aduan anda di saat pagi selalu ada kotoran dan siang hari sering dipejamkan. Cobalah perhatikan dengan seksama mata ayam tersebut, kemungkinan ada cacing mata yang bentuknya seperti rambut dan warnanya putih serta bening. Jika ada cacingnya maka tetesi mata ayam dengan tembakau maka cacing akan keluar.

  • Penyakit Berak Kapur

Penyembuhan ayam yang terserang berak kapur adalah dengan antibiotik dan buah-buahan seperti tomat, pisang, pepaya atau buah lainnya yang banyak mengandung air.

  • Penyakit Cacingan

Penyakit ini tidak bisa di anggap remeh pada ayam. cara mengatasinya dapat di berikan daging dari buah pinang kemudian celupkan di minyak goreng dingin lalu berikan pada ayam anda.

  • Penyakit Influensa

Mengatasi infuluensa pada ayam aduan, anda dapat berikan antibiotik dan minumnya di takar.

  • Penyakit Kelumpuhan

Ayam aduan yang mengalami kelumpuhan wajib di jemur pada pagi hari selama 1jam pada setiap harinya. Dan juga lututnya di kompres dengan air serai hangat sebelum di jemur.

  • Penyakit Tetelo

penyakit ini merupakan suatu infeksi viral yang menyebabkan gangguan pada saraf pernapasan. Jika ayam aduan anda mengidap penyakit Tetelo, maka ayam aduan tidak bisa dijadikan sebagai bibit karena virus Tetelo tetap bersarang bahkan dapat menurun pada keturunanya.

Itulah macam-macam penyakit yang sering menyerang ayam aduan. Semoga bermanfaat bagi para penghobi sabung ayam. Salam JUARA303.

Baca Juga :