Berita Sabung Ayam

Manfaat Alami Bawang Merah dan Putih Untuk Ayam

Manfaat alami bawang merah & putih untuk ayam yang jarang orang ketahui. Apalagi untuk Anda yang belum lama bermain dalam dunia ayam aduan. Pasti Anda tidak pernah mengetahui beberapa manfaat dari bumbu dapur ini. Bawang merah dikenal juga baik untuk kesehatan tubuh manusia, bahkan dapat membuat rasa makanan jadi lebih nikmat dan gurih.

Sedangkan bawang putih bisa menstabilkan aliran darah, dan membuat makan rasanya makin sedap dan enak. Tidak jarang juga bawang putih ini digunakan sebagai obat untuk menghilangkan masuk angin. Kali ini situs kumpulan berita sabung ayam online akan menjelaskan tentang manfaat alami bawan merah dan putih untuk ayam.

Jika anda peduli dengan kesehatan ayam kesayangan anda. maka perlu untuk diketahui bahwa ayam juga membutuhkan bumbu dapur tersebut untuk digunakan sebagai sistem ketahanan tubuhnya. dan anda dapat menilai bagaimana manfaat dari bawang merah dan putih sebagai jamu ayam aduan.

Tips Ampuh Manfaat Alami Bawang Merah & Putih Untuk Ayam 

Bawang merah dan putih merupakan satu kesatuan bumbu makanan yang bisa menyedapkan rasa serta menyeimbangkan rasa dari masakan. Dan yang paling penting adalah perbedaan dari keduannya dalam segi bentuk fisik dan rasa, memang aneh bila digunakan kepada ayam. Namun, perlu Anda ketahui bahwa kedua bahan ini bisa menyembuhkan dan mencegah segala penyakit pada ayam. Dan adapun beberapa manfaat serta khasiat dari bawang merah dan putih.

  • Bawang Merah

Bawang Merah memang masih dianggap asing sebagai jamu untuk ayam aduan yang saat ini banyak macam jensinya. Akan tetapi, ada banyak manfaat dari bawang merah yaitu sebagai nutrisi dan kandungan dalam bawang merah tersebut. Berikut ini khusus sajian bawang merah yang bisa digunakan sebagai obat dan kesehatan pada ayam aduan anda.

  • Melancarkan penceranaan ayam

Pencernaan terganggu akibat zatberbahaya dari makanan dan minuman yang dimakan oleh ayam. Kadang juga, ayam sering makan buah atau bangkai busuk tanpa sepengetahuan pemilik, dan itu bisa menyebabkan cacingan. tetapi tidak perlu khawatir, karena manfaat dari bawang merah adalah mencegah cacing pita atau bakteri jahat pada pencernaan ayam. ushakan untuk rutin memberikan bawang merah rutin 1 minggu seklai atau 3 hari sekali.

  • Obat Ngorok

Kandungan dari bawang merah hampir mirip dengan bawang putih, karena bisa juga untuk menyembuhkan penyakit ngorok ayam, serta terdapat kandungan vitamin A dan C yang dapat membantu pernafasan ayam jadi lebih ringan dan meningkatkan metabolisme tubuh ayam.

  • Memperkuat Imunitas tubuh ayam aduan

Dalam kandungan 100mg bawang merah, terdapat kandungan vitamin C sebanyak 7 mg. dan ini cocok untuk kebutuhan vitamin C ayam tersebut. Ayam aduan akan jauh lebih mendapatkan ketahanan stamina dan menjadikannya lebih bertenaga saat bertarung.

  • Bawang Putih

bawang putih memiliki fungsi yang sama dengan bawang merah, hal ini dikarenakan dalam menjaga kesehatan tubuh ayam membutuhkan makanan atau pakan yang penuh dengan gizi. Untuk mendapatkan itu semua, Anda butuh bawang putih tersebut, berikut ini adalah manfaat dari bawang putih yang bisa dirasakan oleh ayam.

  • Menyembuhkan ngorok, batuk, dan pilek pada ayam

Gangguan pernafasan dan juga stamina menurun dari ayam dikarekanan pilek, Ngorok, dan batuk bisa disembuhkan dengan mudah menggunakan bawang putih. Cara paling mudah melakukannya adalah dengan menghaluskan bawang putih lalu memaksakan ayam untuk memakannya. Satu biji bawang putih saja sudah cukup untuk membuat ayam sembuh dalam satu hari. Manfaat dari bawang putih ini memang luar biasa.

  • Mengobati Cacingan

Kandungan dalam bawang putih bisa dimanfaatkan sebagai penghilang cacing pita dalam pencernaan. Hal ini sudah melalui penelitian para ahli. Dimana bawang putih bisa memberikan manfaat yang besar bagi kondisi ayam tersebut dan dapat menyembuhkan Cacingan.

Dan masih banyak lagi manfaat alami bawang merah & putih untuk ayam kesayangan Anda.  Jika  Anda ingin memiliki ayam sehat dan stamina bagus, maka gunakanlah kedua bawang ini sebagai jamu pelengkap Ayam Aduan Anda.