Manfaat bawang merah
Berita Sabung Ayam

Manfaat Bawang Merah Untuk Ayam Aduan yang Wajib Diketahui

Manfaat Bawang Merah Untuk Ayam Aduan yang Wajib Diketahui. Jika kita berbicara soal manfaat bawang merah untuk ayam aduan, pastinya masih banyak bobotoh yang belum mengetahuinya. Pada umunya bawang merah dikonsumsi oleh manusia, yang biasa digunakan untuk olahan masakan sampai digunakan sebagai ramuan untuk obat-obatan.

Sebagian dari penggemar ayam bangkok aduan di tanah air menggunakan bawang merah sebagai alternatif dalam merawat dan memelihara ayam aduan. Dan pada kesempatan kali ini kami dari tim Juara Sabung Ayam akan membahas tentang khasiat pada bawang merah untuk ayam aduan.

Berikut AdalahManfaat Bawang Merah Untuk Ayam Aduan yang Wajib Diketahui :

  1. Mengobati Penyakit Ngorok

    Bawang merah bisa digunakan sebagai obat ayam yang terserang penyakit ngorok. Bawang merah juga memiliki kandungan minyak, yang berfungsi untuk membeunuh bakteri staphylococci yang menyebabkan radang pada kerongkongan ayam aduan.

  2. Menyehatkan Pencernaan Ayam Aduan

    Ayam yang mengalami masalah pada pencernaan biasanya akan terlihat lemas, pucat dan juga mengeluarkan berak darah ataupun berak kapur. Dalam hal seperti ini, bobotoh bisa menggunakan bawang merah sebagai solusi untuk mengatasinya. Bukan hanya untuk menyehatkan pencernaan, bawang merah juga berguna untuk memperlancar peredaran darah ayam.

  3. Sumber Energi

    Bawang merah mempunyai kandungan energi sebesar 166KJ atau sekitar 40 kcal per Gram. Dengan memberikan bawang merang kepada ayam aduan dapat menambahkan stamina ayam aduan menjadi lebih kuat. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa syarat wajib yang harus dimiliki ayam juara adalah stamina yang bagus.

  4. Menyembuhkan Cacingan Pada Ayam

    Apakah ayam aduan yang bobotoh miliki lesu dan kurang nafsu makan ?? jika iya , bobotoh bisa memberikan bawang merah untuk mengatasinya. Caranya mudah bobotoh hanya perlu memotong bawang merah menjadi ukuran kecil. Kemudian seduh dengan air panas kemudian diamkan selama 4-6 jam, jika sudah bobotoh bisa langsung berikan air seduhan kepada ayam aduan.

  5. Mengobati Luka

    Sebenarnya cara ini sudah sering dilakukan oleh sebagian bobotoh. Caranya mudah bobotoh hanya perlu memotong bawang merah menjadi ukuran kecil lalu dipanaskan dengan air. Jika sudah setengah matang bobotoh bisa mengambil air rebusan tersebut dan gunakan untuk mengompres luka pada ayam aduan.

  6. Mengobati Penyakit Bubul

    Untuk yang satu ini, bobotoh cukup mengoleskan air / minyak bawang pada bagian kaki ayam terutama yang terkena penyakit bubul akan mempercepat penyembuhannya. bobotoh bisa mengoleskan bawang merah secara rutin pada sore hari sampai bubul benar-benar hialng.

Pada dasarnya bahan-bahan yang berbau alami lebih bagus dibandingkan bahan-bahan yang berbau kimia. Selain itu efek samping pada bahan herbal lebih minim resikonya dan mudah didapatkan. Demikian penjelasan dari tim Juara Sabung Ayam mengenai “Manfaat Bawang Merah Untuk Ayam Aduan yang Wajib Diketahui“. Semoga ini bermanfaat untuk kita semua.