Manfaat Buah
Berita Sabung Ayam

Manfaat Buah Pada Ayam Bangkok Aduan Kesayangan

Sabung Ayam Online – Manfaat buah pada ayam bangkok aduan bukan hanya bermanfaat bagi manusia, ternyata bagi ayam aduan sekalipun juga bermanfaat loh. Selain kaya akan gizi dan vitamin ternyata pemberian buah pada ayam juga dapat untuk memnyembuhkan bermacam penyakit. Berikut beberapa jenis buah yang cocok diberikan pada ayam aduang yang kita miliki.

Manfaat Buah

1. Buah Tomat
Manfaat buah Tomat yang kaya akan kandungan vitamin dan nutrisi tinggi, sangat cocok untuk dikonsumsi oleh ayam Bangkok aduan.Selain untuk menguatkan stamina dan sistem kerja di organ pernafasan, vitamin yang terkandung didalam tomat juga mempunyai fungsi untuk membuat tubuh ayam bangkok tahan terhadap berbagai serangan penyakit dan memperbaiki bagian sel tubuh yang rusak atau mati. Selain itu vitamin A yang terdapat pada tomat juga berperan baik sebagai anti oksidan serta melancarkan peredaran darah.

Oleh karena itu pemberian tomat ke dalam pakan ayam sangat direkomendasikan sekali, namun dalam pemberian pakan dengan campuran tomat juga perlu di perhatikan. Sebaiknya pemberian tomat dilakukan sekitar satu bulan sebelum ayam Bangkok tersebut diadu. untuk takarannya cukup sebutir saja dan dalam satu minggu diberikan sebanyak 2 atau 3 kali saja. Karena jika diberikan terlalu berlebihan maka bisa memberikan efek tidak baik bagi yaam kita sendiri.

2. Buah Pisang
Jenis makanan buah terbaik untuk ayam Bangkok lainnya adalah pisang. Kandungan gizi yang terdapat pada pisang antara lain aneka jenis vitamin, zat magnesium, kalium, kalsium, zat besi dan fosfor. Sangat baik untuk menghasilkan tenaga besar bagi ayam aduan kita dibanding pakan lainnya.

Untuk pemberiannya cukup dengan setengah sampai satu buah dalam waktu dua kali dalam satu minggu pada pagi hari setelah ayam dimandikan. Perlu di ingatkan , sesuatu yang berlebihan tidak baik oleh karena itu pemberian pisang di usahakan jangan terlalu berlebihan karena jika berlebihan akan mengakibatkan bulu ayam cepat rontok. Maka ayam Bangkok akan memiliki cadangan kalori yang sangat mencukupi selama pertandingan nanti.

3. Buah Pinang
Ternyata manfaat buah Pinang memiliki peran yang lebih spesifik dibandingkan buah tomat dan pisang loh guys. Buah pinang yang bermanfaat untuk mencegah serangan cacingan yang sering sekali menjadi masalah utama bagi kalangan peternak atau penghobi ayam aduan.

Penyakit cacingan yang dapat membuat ayam menjadi lemas, tidak bertenaga serta membuat tubuh semakin kurus dapat membuat pertumbuhan ayam menjadi terhambat.

Tetapi tidak perlu khawatir, pemberian buah pinang berkhasiat menyembuhkan penyakit tersebut. Hanya tinggal mengambil sebiji buah pinang yang sudah dikeringkan lalu diparut sampai halus dan dicampur dengan air secukupnya setelah itu tinggal dilolohkan ke mulut ayam. Kemudian masukkan ayam kedalam kandang dan tunggu sampai sekitar satu jam. Anda bisa melihat cacing keluar dari tubuh ayam melalui kotoran ayam. Pengobatan secara alami seperti ini tidak akan menimbulkan efek samping pada ayam.

Baca Juga :

Related Post