Manfaat Cacing Tanah Untuk
Berita Sabung Ayam

Manfaat Cacing Tanah Untuk Ayam Aduan

Sabung Ayam Online – Manfaat Cacing Tanah Untuk Ayam Aduan. Ayam aduan memiliki pukulan kuat yang mudah untuk menjatuhkan dan mengalahkan lawannya dalam arena laga. Keterbatasan kekuatan ayam akan menyebabkan ayam mudah capek yang akan berakibat melambatnya gerakan sehingga ayam aduan mudah untuk diserang dan dipukul. Selain perawatan yang bagus, ayam aduan juga memerlukan tambahan makanan seperti suplemen dan multivitamin untuk mendapatkan kekuatan dan stamina yang bagus.

Setelah ayam aduan diberi makanan yang memenuhi kebutuhannya, agar mendapatkan ayam aduan dengan pukulan berbobot dan kuat, ayam aduan dapat diberikan tambahan makanan seperti cacing tanah karena cacing tanah dapat menambah kekuatan pukulan yang berkhasiat.

Manfaat Cacing Tanah Untuk Ayam Aduan

Cacing tanah merupakan jenis makanan tambahan untuk ayam aduan dengan kandungan protein yang sangat baik untuk ayam aduan sewaktu ayam di lagakan. Karena dalam laganya, apalagi saat memasuki airan ketiga dan seterusnya biasanya ayam telah kehabisan sumber tenaga yang dihasilkan dari karbohidrat di dalam tubuh sehingga ayam akan menyerap protein dalam tubuh sebagai sumber tenaga. Cacing adalah makanan yang bagus untuk diserap dalam tubuh ayam karena banyak mengandung protein yang tinggi.

Selain mengandung protein yang tinggi, cacing juga mengandung taurin yang dapat meningkatkan proses metabolisme lemak dan kemudian di ubah menjadi ATP / energi. Efek tersebut berlaku bagi semua makhluk termasuk ayam aduan yang sedang bertarung di arena. Kandungan dalam cacing tersebut adalah asam amino dan protein sebesar 76%. Selain itu, cacing juga terdapat asam amino sebanyak 17%, karbohidrat 45% serta kandungan lemak dan abu yang hanya 1,5%.

Berikut ini adalah khasiat yang dimiliki oleh cacing tanah, antara lain :

Obat Diare

Diare / mencret adalah penyakit yang sering dijumpai oleh para peternak dan penghobi Sabung Ayam. Cacing tanah merupakan salah satu obat tradisional alami yang dapat menyembuhkan penyakit ini. Fungsinya menjadi antibakteri bagi bakteri E.Coli dan Shigella yang menjadi penyebab diare / mencret pada ayam aduan.

Sirkulasi Darah

Cacing tanah mengandung enzim yang sanggup untuk menghancurkan lemak jahat pada sistem sirkulasi darah, sehingga sirkulasi peredaran darah pada ayam aduan akan menjadi lancar.

Melancarkan Pencernaan

Cacing tanah mengandung banyak protein yang dapat membantu proses aktivitas biologis tubuh ayam khususnya untuk membantu kekuatan ayam pada saat berlaga. Kandungan enzim, seluosa, dan katalisator yang dibutuhkan tubuh untuk proses metabolisme banyak terdapat dalam cacing. Oleh sebab itu secara tidak langsung, cacing tanah juga berkhasiat untuk membantu melancarkan sistem pencernaan.

Pemberian cacing tanah dapat dilakukan dua kali dalam seminggu. Untuk porsinya bisa diberikan 2-4 ekor tergantung besarnya, jika sebesar pensil cukup berikan 2 ekor saja.

Baca Juga : ” Khasiat Singkong Untuk Ayam Aduan “

Cara pemberiannya yaitu bersihkan cacing tersebut dari kotoran yang ada dalam perutnya kemudian potong kecil-kecil agar mudah ditelan oleh ayam. Jika cacingnya kecil bisa langsung dilolohkan pada ayam. Apabila ayam secara rutin diberi makan seperti diatas, sewaktu diadu ayam aduan akan mempunyai tenaga yang stabil dan tidak mudah lelah hingga pada airan ke empat dan kekuatan pukulan ayam tersebut jauh lebih kuat dan berbobot.

Demikianlah pembahasan mengenai ” Manfaat Cacing Tanah Untuk Ayam Aduan “. Semoga bermanfaat bagi para pecinta Sabung Ayam. Terima kasih.

 

Related Post