Berita Sabung Ayam

Manfaat Dan Kegunaan Rumput Teki Untuk Ayam Aduan

Sabung Ayam Online – Manfaat Dan Kegunaan Rumput Teki Untuk Ayam Aduan. Ayam bangkok atau ayam aduan yang memiliki stamina kuat merupakan dambaan para penghobi Sabung Ayam. Ironisnya, apabila ayam aduan yang memiliki teknik serta kualitas yang bagus tetapi bermasalah dengan kesehatannya hal ini pasti akan menimbulkan kekecewaan dan kerugian bagi pemiliknya. Kesehatan dan stamina yang baik adalah kunci utama untuk memenangkan pertarungannya.

Untuk mendapatkan stamina dan kesehatan yang baik pada ayam aduan, cara perawatan dan pola makan ayam tersebut haruslah benar-benar terjaga. Dalam menjaga kesehatan ayam aduan, tidak selamanya harus mengeluarkan biaya yang mahal, terkadang dapat dilakukan tanpa biaya sama sekali. Contohnya, akar rumput teki yang biasa digunakan sebagai bahan obat alami tradisional.

Rumput teki atau biasa yang disebut dengan Teki, Mota, Koreha, Rukut Teki, Rukut Wuta adalah rumput palsu (berbatang segitiga). Teki tumbuh dan hidup sepanjang tahun dengan ketinggian 10 – 75cm. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan liar yang hidup di kebun, ladang ataupun ditempat ketinggian kurang lebih 1000m dari permukaan laut. Rumput teki mudah dikenali dari ciri bunganya yang berwarna hijau kecoklatan, terletak di ujung tangkai dengan tiga tunas benang sari berwarna kuning jernih. Membentuk bunga-bunga berbulir, mengelompok menjadi satu menyerupai payung.

Ciri khasnya terdapat pada buah yang berbentuk kerucut besar di pangkalnya, kadang melekuk berwarna coklat, panjangnya sekitar 1,5 – 4,5 cm dengan diameter 5-10 mm. Daunnya berbentuk pita, warnanya mengkilat, umumnya terdiri dari 4-10 helai. Pada pangkal batang membentuk rozel akar, pelepah daunnya tertutup tanah. Pada rimpang yang tua didapati banyak tunas yang menjadi umbi berwarna coklat kehitaman.

Umbi rumput teki ini jika dimakan akan terasa sepat kepahit–pahitan namun wangi harumnya. Umbi-umbian ini tumbuh mengumpul, rumpun bergerombol. Ternyata umbi-umbian ( akar ) rumput teki ini sangat bermanfaat untuk kesehatan ayam aduan.

Baca Juga : Inilah Obat Tradisional Ayam Bangkok

Kadungan Rumput Teki

– Alkoloid, glikosida jantung, flavonoid dan minyak menguap sebanyak 0,3 – 1 % ( bervariasi, tergantung daerah tumbuhnya ).
– Minyak essensial mengandung minimal 27 senyawa yang terdiri dari seskuiterpen, hidrokarbon, apokside, keton-keton, monoterpen, alifatik alkohol serta beberapa senyawa lainnya yang belum teridentifikasi. Namun, umbi /akar rumput ini diketahui sangat bermanfaat untuk kesehatan ayam aduan.

Manfaat Untuk Ayam Aduan

Pemberian umbi ( akar ) teki yang sesuai dengan takarannya, akan membantu meningkatkan kesehatan ayam aduan dengan cepat. Hal ini akan terlihat dari kulit ayam yang cepat menjadi merah. Hal ini menandakan kondisi ayam tersebut sehat dan fit. ( sumber : buku obat tradisional ).

Cara pemberiannya :

– Umbi ( akar ) teki ditumbuk kemudian dilolohkan pada ayam, cukup sehari sekali sebesar gundu /kelereng.
– Bisa juga dimasak lalu airnya diminumkan pada ayam aduan tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai “Manfaat Dan Kegunaan Rumput Teki Untuk Ayam Aduan.” Semoga bermanfaat bagi peternak dan penghobi Sabung Ayam.

Salam, MA

Related Post