Berita Sabung Ayam

Manfaat Dan Khasiat Kunyit Untuk Ayam Aduan

Sabung Ayam Online – Manfaat Dan Khasiat Kunyit Untuk Ayam Aduan. Kunyit dikenal dengan bahan dasar pembuatan jamu bagi manusia maupun hewan peliharaan. Manfaat dan khasiat kunyit memang sudah terbukti keampuhannya.

Kunyit memiliki banyak manfaat bagi ayam aduan terutama untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh pada ayam aduan. Selain itu, kunyit juga dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit pada ayam aduan.

Berikut ini adalah beberapa Manfaat Dan Khasiat Kunyit Untuk Ayam Aduan, antara lain :

Penambah Nafsu Makan

Pemberian kunyit adalah langkah yang tepat saat ayam terlihat tidak nafsu makan. Dengan memberikan kunyit dapat menambah dan menstabilkan kembali nafsu makannya.

Antibiotik

Pemberian antibiotik atau vaksin alangkah baiknya jika diganti dengan bahan alami seperti kunyit. Karena bahan yang alami sejatinya lebih baik daripada bahan kimia.

Obat Diare

Kunyit juga berkhasiat untuk mengurangi mencret atau diare pada ayam aduan. Penyebab diare pada ayam aduan biasanya terlalu banyak minum bisa juga penyebab lainnya. Pemberian kunyit merupakan langkah yang tepat dan telah banyak terbukti kemanjurannya.

Lesu

Ayam aduan sejatinya harus selalu dalam kondisi yang fit dan siap tempur. Untuk ayam aduan yang lesu atau kurang bergairah dapat diatasi dengan memberikan kunyit yang dipotong sebesar kelereng, kemudian dilolohkan. Pelolohan utuh tanpa ditumbuk untuk ayam aduan yang dewasa. Untuk anak ayam, kunyit bisa ditumbuk dan dipotong kecil dan porsi yang disesuaikan.

Kandungan Kunyit

Adapun kandungan pada kunyit, yaitu :

– Kurkumin, desmetoksikumin sebanyak 10%, protein 3%.

– Bisdsmetoksikurkumin sebanyak 1-5%, karbohidrat sebanyak 3%.

– Minyak atsiri yang terdiri dari Keton sesquiterpen, turmeron, tumeon 60%.

– Zingiberen, felandren, sabinen, borneol dan sineil 2,5%.

– Lemak sebanyak 1-3%, pati 8%.

– Garam mineral yaitu zat besi dan fosfor.

Demikianlah pembahasan mengenai ‘Manfaat Dan Khasiat Kunyit Untuk Ayam Aduan’. Semoga bermanfaat.

Salam, MA

Baca Juga :

Cara Mengobati Congek Pada Ayam Bangkok Dengan Minyak Kencana

Cara Mencegah dan Mengobati Kurap Pada Ayam Bangkok

Jenis Pakan Ayam Aduan Sesuai Teknik Pukulan

Related Post