manfaat nasi putih untuk ayam aduan bangkok
Berita Sabung Ayam

Manfaat Nasi Putih Untuk Ayam Aduan Bangkok

Sabung Ayam Online-Pada umumnya, para bobotoh seringkali memberikan pakan jagung menjadi pakan utama bagi sang ayam aduan. Namun, selain jagung tak sedikit juga para bobotoh yang memberikan nasi putih sebagai pakan utama bagi ayam tersebut.

Namun, taukah para bobotoh apa saja manfaat baik dan buruknya pemberian nasih putih jika diberikan secara berlebihan kepada ayam tersebut? Maka pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan beberapa info mengenai Manfaat Nasi Putih Untuk Ayam Aduan Bangkok.

Manfaat Nasi Putih Untuk Ayam Aduan Bangkok

1 Menggemukan Ayam

Untuk ayam aduan bobotoh yang kurang memiliki nafsu makan yang tinggi, bobotoh bisa memberikan nasi sebagai pakan utamanya. Karena, karbohidrat yang terkandung dalam nasi jauh lebih besar dari pada jagung. Yang dapat membantu mendorong pertumbuhan pada ayam aduan bobotoh, yang kurang memiliki nafsu makan yang tinggi.

2 Energi Tambahan

Nasi putih juga bisa bobotoh gunakan, sebagai salah satu alternatif untuk penambah energi bagi ayam aduan. Dikarenakan, proses pembakaran karbohidrat dan kalori yang akan menghasilkan energi tambahan bagi ayam tersebut.

3 Diberikan Pada Ayam Yang Sakit

Terkadang, jika sedang sakit ayam aduan seringkali bermasalah pada sistem pencernaanya. Maka pakan yang lunak seperti nasi putih pun sangat dianjurkan untuk diberikan, sebagai pakan sementara bagi ayam tersebut.

4. Menghemat Pakan

Bagi bobotoh yang memelihara ayam bangkok dalam jumlah yang banyak, terkadang tentunya membuat bobotoh kewalahan dalam kebutuhan pakan.

Hal tersebutpun mendorong para bobotoh, agar harus lebih pintar dalam mengelola keuangan dan menghemat pakan. Maka, nasi putih adalah salah satu solusi yang cukup membantu dikarenakan 1kg nasi putih sudah bisa diberikan untuk beberapa ayam sekaligus.

Manfaat Buruk Jika Nasi Putih Dijadikan Pakan Utama

Sementara itu, pemberian nasi putih sebagai pakan utama bagi ayam aduan bangkok juga terbilang memiliki beberapa efek yang buruk. Salah satu contoh yang paling dekat adalah, jika ayam tersebut memiliki nafsu makan yang tinggi nasi putih sangat tidak disarankan untuk dijadikan pakan utama.

Dikarenakan, nasi putih memiliki karbohidrat tinggi yang dapat membuat sang ayam memiliki bobot yang lebih besar daripada bobot normal ayam aduan biasanya. Jika memiliki bobot yang tidak sesuai tentunya, akan membuat ayam aduan tersebut menjadi berat dalam bergerak dan sulit untuk lincah dalam menghindari serangan dari lawannya.

Maka pemberian pakan nasi putih bagi ayam aduan bangkok yang normal, disarankan untuk sebagai selingan saja. Untuk menjaga nafsu makan pada ayam tetap stabil, dan tidak bosan jika terus menerus diberikan pakan yang sama.

Demikian uraian tentang ‘Manfaat Nasi Putih Untuk Ayam Aduan Bangkok‘. Semoga berguna bagi semua pecinta sabung ayam.