ayam sebright - sabung ayam online
Berita Sabung Ayam

Mengenal Ayam Sebright dan Keunikannya

Sabung Ayam Online – Mengenal Ayam Sebright dan Keunikannya, Dalam kesempatan kali ini Situs Judi Agen Sabung Ayam Online Terpercaya akan menjelaskan informasi yang telah berhasil dikumpulkan oleh juarasabungayam tentang mengenal ayam sebright dan keunikannya. Ayam Sebright merupakan jenis ayam yang dikembangkan khusus sebagai ayam peliharaan atau ayam hias.

Sejarah Ayam Sebright

Nama Sebright diambil dari nama pengembangnya yaitu Sir John Saunders Sebright. Ayam sebright merupakan ayam hias tertua dan tergolong dalam British True Bantam (yang artinya ayam ini tergolong jenis ayam kecil dan pendek). Ayam ini dihasilkan pada abad ke-19 melalui program pembuahan selektif yang bertujuan untuk menghasilkan jenis ayam hias yang baik.

Sir John mengembangkan sejenis ayam bantam yang kecil dengan bulu-bulu yang unik seperti ayam polandia. Setelah melalui riset selama 10 tahun terciptalah seekor ayam yang memiliki keunikan yaitu bulu bercorak batik pada tubuh dan ekor baik pada ayam jantan maupun betina.

Walaupun ras dari kawin silang indukannya tidak banyak diketahui, diduga ayam ini merupakan campuran dari jenis ayam Hamburgh, Nankin dan Polandia yang memiliki jengger rose combs. Pada tahun 1810 Sebright mendirikan The Sebright Bantam Club, yang merupakan asosiasi pengembangbiakan makhluk hidup pertama khusus untuk ayam.

Ayam sebright telah masuk dalam The American Poultry Association’s Standard of Perfection sejak tahun 1874, dan sampai sekarang ayam ini masih termasuk sebagai salah satu ayam hias yang paling populer.

Ciri-ciri ayam sebright adalah sebagai berikut :

  • Bertubuh pendek.
  • Sayap yang mengarah ke bawah.
  • Memiliki jengger mawar.
  • Paruh pendek yang sesuai dengan ukurannya.
  • Bobot ayam jantan rata-rata 625 gram dan betina 570 gram.
  • Memiliki dada yang proposional.
  • Pada bagian kaki tidak terdapat bulu.
  • Memiliki motif menyerupai motif kain batik.
  • Bertelur 60 – 80 butir permusimnya.

Kelebihan Ayam Sebright

Ayam sebright betina ramah terhadap manusia, bahkan terkadang ayam ini yang datang untuk bersosialisasi dengan manusia. Namun agak takut terhadap manusia sehingga jika di hampiri akan terbang.

Kelemahan Ayam Sebright

Ayam ini bukan petelur yang produktif dan juga bukan ayam pedaging yang sangat baik. Sehingga ayam ini sangat sulit untuk dipelihara, terutama untuk pemula. Ayam ini sulit untuk beradaptasi, mudah stress, dan sering merenung. Untuk anak ayam tingkat kematiannya juga masih tinggi. Untuk ayam dewasanya rentan terkena penyakit Marek.

Karena ukurannya yang kecil dan sayap yang relatif besar, maka mereka termasuk salah satu dari minoritas keturunan ayam yang mempertahankan kemampuan terbang yang baik. Karena hal itu sebagian para pemilik menaruhnya dalam kandang daripada membiarkan mereka untuk bebas berkeliaran.

Sekian informasi yang dapat kami bagikan tentang mengenal ayam sebright dan keunikannya. Semoga dapat menambah pengetahuan kita semua. 🙂