Merawat Luka Serangan Taji
Berita Sabung Ayam

Merawat Luka Serangan Taji Dalam Sabung Ayam

Sabung Ayam Online – Merawat Luka Serangan Taji Dalam Sabung Ayam. Sering kita saksikan dalam laga sabung ayam, 2 ekor ayam aduan saling menyerang dan bertukar serangan taji.

Dalam pertarungan, dapat dipastikan ayam yang bertarung akan menderita luka, baik luka dalam maupun luka luar. Dalam pembahasan kali ini akan kita bahas mengenai cara merawat luka akibat serangan taji.

Seperti yang dilansir tim juarasabungayam dari hasil rangkuman Situs Judi Agen Sabung Ayam Online berdasarkan keterangan kumpulan agen sabung ayam beberapa waktu yang lalu.

Cara Merawat Luka Serangan Taji Dalam Sabung Ayam

Biasanya ayam aduan yang bertarung pasti akan terluka, itu adalah konsekwensi yang harus diterima sebagai ayam petarung. Namun luka yang didapatkan dalam laga harus segera ditangani.

Jika tidak ditangani dengan cepat, luka – luka tersebut bisa infeksi dan berakibat fatal bagi ayam aduan. Bisa mengakibatkan lumpuh atau kematian.

Berikut ini akan kami bahas bagaimana cara yang tepat dalam mengobati luka luar seperti memar dan koyak akibat serangan taji lawan.

Cara – Cara Merawat Luka Ayam Akibat Pertarungan

1. Setelah pertarungan, ayam jangan dimandikan, Cukup dibersihkan dengan spon yang sudah diperas. Terutama luka akibat serangan taji lawan.

Periksa bagian ayam yang terluka mulai dari kepala, leher, tubuh, sayap dan paha ayam.

2. Bersihkan luka dengan spon, terlebih luka / koyak karena tikaman dan sayatan taji. Jangan disiram karena dapat mengakibatkan bengkak dan infeksi.

3. Setelah di bersihkan dengan spon, Cuci luka dengan alkohol dengan kapas hingga terlihat putih pada bagian bawah kulit.

4. Jika terdapat luka koyak, segera dijahit dengan benang dan jarum ukuran paling kecil. Sebelum djahit, jarum dibakar terlebih dahulu dan di lap dengan alkohol, benang di rendam alkohol juga.

5. Untuk luka akibat tikaman taji namun tidak koyak melebar tidak perlu dijahit. Ambil korek api kayu. Bakar  lalu matikan, Lalu tusukan batang korek kayu yang telah di bakar kedalam luka.

6. Setelah luka dijahit dan luka yang lain semua diobati, oleskan betadine atau salep ‘ Bactacin ‘ untuk mencegah terjadinya pembengkakan atau infeksi.

7. Langkah selanjutnya adalah berikan 1 tablet obat ‘ Tarivit ‘ 400 mg pada ayam dan diberi minum air secukupnya. Tempatkan ayam di kandang yang terpisah dan jauhkan dari ayam jantan lainnya.

Langkah Akhir Merawat Luka Akibat Pertarungan

Setelah semua langkah diatas dilakukan. Keesokan harinya setelah ayam diberi makan, berikan sebutir vitamin b komplek lalu lepaskan ayam di halaman yang tidak ada ayam jantan lainnya.

Setelah 1 jam, masukan kembali ayam dalam kandangnya. Jika nafsu makan ayam masih belum stabil, bisa disuapkan pur halus sedikit agar tembolok ayam tidak kosong.

Kemudian berikan lagi 1 tablet obat Tarivit ditambah potongan gula merah seukuran ibu jari, lalu ayam di istirahatkan dan jangan banyak dipegang.

Keesokan paginya, jika ayam masih belum terlihat sehat, ulangi lagi langkah akhir yang di atas.

Jika ayam sudah terlihat sehat, sudah bisa dilepas bersama ayam betina seharian, sore harinya kandangkan kembali secara terpisah dan diberi makan gula merah lalu di istirahatkan.

Sebagai tambahan, ayam tidak boleh dimandikan sebelum luka yang diderita benar – benar kering dan sembuh.

Baca juga ” Minyak Ikan Untuk Kesehatan Ayam Bangkok “.

Sekian artikel tentang ‘ Merawat Luka Serangan Taji Dalam Sabung Ayam ‘ ini kami sajikan. Semoga