nutrisi penting pada belut untuk ayam aduan - sabung ayam online
Berita Sabung Ayam

Nutrisi Penting Pada Belut untuk Ayam Aduan

Sabung Ayam Online – Sebagai Pecinta Sabung Ayam anda harus mengetahui di balik nutrisi penting pada belut untuk ayam aduan. Belut merupakan sejenis ikan anggota suku Synbranchidae, yang mempunyai nilai ekonomi dan ekologi. Secara ekologi, belut dapat dijadikan indikator pencemaran lingkungan karena hewan ini mudah beradaptasi. Lenyapnya belut menandakan kerusakan lingkungan yang sangat parah telah terjadi.

Belut dapat mengambil oksigen langsung dari udara dan mampu hidup berbulan-bulan tanpa air, asalkan lingkungannya tetap basah. Hewan ini bahkan mampu menyerap oksigen lewat kulitnya. Kebiasaannya adalah bersarang di dalam lubang berlumpur dan menunggu mangsa yang lewat.

Belut termasuk predator yang cukup ganas di lingkungan rawa dan sawah. Makanannya adalah ikan kecil, cacing dan krustasea. Belut merupakan hewan yang aktif di malam hari.

Belut merupakan hewan hermaprodit, dimasa muda merupakan belut betina dan bersarang di lubang untuk meletakan telur-telurnya pada busa-busa di air yang dangkal. Jika telur menetas, keluarlah belut muda yang semuanya betina. Dalam usia lebih tua jenis kelaminnya, akan berubah menjadi belut jantan.

Nutrisi Penting Pada Belut untuk Ayam Aduan

Ciri-Ciri Belut

  • Warna belut bervariasi, namun biasanya kecoklatan hingga kelabu.
  • Ukuran maksimum adalah 1 m, meskipun yang banyak dikonsumsi paling panjang 40 cm.
  • Bentuk tubuhnya menyerupai tabung dengan tubuh licin, tanpa sisik.
  • Tidak memiliki sirip, kecuali sirip ekor yang memanjang.
Manfaat Belut untuk Ayam Aduan
  • Zat Besi
    Belut sangat kaya akan zat besi. Zat besi merupakan unsur penting bagi kesehatan otot. Zat besi terdapat dalam jaringan otot dan membantu suplai oksigen yang diperlukan untuk kontraksi otot. Ia juga berperan penting dalam pembentukan sistem kekebalan tubuh ayam untuk melawan penyakit dan infeksi. Kekurangan zat besi menyebabkan ayam mudah terserang penyakit.
  • Lemak
    Lemak berfungsi sebagai cadangan tenaga bila karbohidrat telah habis sewaktu bertarung.
  • Protein
    Kandungan protein dari belut lebih tinggi dari sapi dan telur yang berfungsi sebagai bahan sintetis subtansi sel, zat antibodi dan juga hormon. Sehingga ayam tidak gampang sakit.
    Protein dapat menghasilkan molekul protein sebanyak 4,1 kalori yang sangat dibutuhkan oleh ayam aduan sebagai sumber energi. Selain itu protein juga dapat difungsikan juga sebagai zat pembangun untuk membantu proses pertumbuhan.
  • Arginin
    Bukan hanya itu saja, belut ternyata mengandung Arginin yang dapat membantu kesehatan otot dan mengurangi terjadinya penumpukan lemak tubuh. Lemak yang menumpuk ayam membuat tubuh ayam aduan menjadi berat dan sulit bergerak.
  • Fosfor
    Fosfor sangat penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan pada tulang. Zat fosfor dan kalsium memiliki peranan yang amat penting agar membuat tulang kuat. Kandungan fosfor berfungsi untuk menjaga fungsi otak agar tetap baik, guna pertumbuhan kognitif dan perkembangan pada otak.
  • Membuat Ayam Lebih Agresif dalam Menyerang
    Belut dipercaya dapat menyebabkan ayam aduan menjadi agresif. Dalam aduan ayam, taji ayam yang lebih agresif dalam menyerang adalah ayam yang memiliki kemungkinan menang terbesar.
  • Leusin
    Pada belut juga terdapat zat leusin yang bermanfaat untuk melakukan perombakan dan pembentukan protein otot.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan tentang nutrisi penting pada belut untuk ayam aduan. Yang telah dirangkum oleh tim  juarasabungayam. Semoga bermanfaat untuk anda. 🙂