Pemanfaatan Sorgum Sebagai Pakan Ayam
Berita Sabung Ayam

Pemanfaatan Sorgum Sebagai Pakan Ayam

Sabung Ayam Pemanfaatan Sorgum Sebagai Pakan Ayam. Kembali lagi juara sabung ayam membagikan artikel untuk para botoh sabung ayam online.

Sorgum mempunyai bahan pakan yang berbentuk butiran kecil dengan warna merah. Tumbuhan ini dapat pada lingkungan yang luas dan biasanya dapat tumbuh dalam daerah tropis seperti Indonesia. Maka itu juga sorgum adalah sumber yang memiliki potensi untuk digunakan oleh peternakan Indonesia.

Artikel ini dirangkum dari Situs Judi Sabung Ayam Online berdasarkan keterangan kumpulan para botoh dan agen sabung ayam beberapa waktu yang lalu.

Tanaman ini tidaklah populer bahan pangan lainnya yang juga telah sebabkan oleh latar belakang budanyanya. Masyarakat Indonesia baru saja manfaatkan sorgum menjadi makanan ringan seperti gerondong gula.

Pemanfaatnya sorgum sebagai pakan ayam yang telah disebabkan oleh sistem peternakan unggas di Indonesia sebagai perternakan dari Amerika Serikat pada umumnya yang banyak gunakan seperti pakan jagung kuning atau bungkil kedelai. Tanaman ini tidak dapat tumbuh subur di Amerika sampai akhirnya peternakan mereka tidak dapat mengenal tanaman pangan ini

Dengan kualitas dan juga masih mempunyai kendala karena masih mengandung dengan bahan penghambat. Padahal, kandungan energi yang dihasilkan dari tanaman ini cukup besar sekitar 3,250 kkal/kg. Kandungan itu hampir sama dengan kandungan protein yang ada di jagung. Kandungan protein kasar sorgum lebih tinggi dibanding jagung kuning yang telah mencapai 10 persen, sedangkan jagung kuning hanya sebesar 8,6 persen.

Pada dasarnya juga protein jagung dan juga sorgum itu memiliki variasi yang tergantung varietas dan lingkungan tempat tumbuhnya komoditas.

Ada baiknya Sorgum digunakan untuk pakan tambahan untuk dapat meningkatkan gizi ayam. Pakan dapat diberikan 30 sampai 35 gram per ekor untuk ayam jantan aduan, ayam jantan bangkok, ayam pelung jantan, dan ayam bekisar.

Tanaman dapat diberikan dua jam sebelum ayam diadu, baik yang diadu fisik ataupun suara. Dosis pakan sorgum yang diberikan yaitu 20-25 gram/ ekor. Pemberiannya dapat dicampur madu satu sendok teh, lalu dicekoki ke ayam.

Pemberian sorgum pada ayam kampung yang ternak dilakukan dengan campurkan ke dalam ransum. Jumlahnya jangan lebih dari 20 persen dari total tersebut. Karena sifat tanman ini seharusnya dapat dijadikan sampiangan atau pendamping.

Demikianlah jabaran mengenai Pemanfaatan Sorgum Sebagai Pakan Ayam. Semoga bermanfaat bagi semua pecinta ayam aduan dalam memilih ayam Birma asli.