Pengertian Katuranggan
Berita Sabung Ayam

Pengertian Katuranggan Dalam Sabung Ayam

Sabung Ayam Online – Istilah katuranggan pasti sudah tidak asing lagi bagi para penggemar sabung ayam. Namun sebenarnya masih banyak yang belum memahami arti dari katuranggan tersebut. Kali ini situs kumpulan berita sabung ayam online akan menjelaskan Pengertian Katuranggan Dalam Sabung Ayam.

Istilah katuranggan berasal dari caturangga. Banyak pemain sabung ayam salah menafsirkan, mereka menganggap katuranggan itu bagaikan ilmu pasti mengenai ayam aduan.

Pengertian Katuranggan Dalam Sabung Ayam

Dalam kesempatan ini juarasabungayam akan menjelaskan pengertian katuranggan dalam sabung ayam. Perlu diketahui oleh semua pecinta sabung ayam tidak ada satupun ilmu pasti yang dapat dijadikan patokan dalam menilai kemampuan ayam Bangkok / ayam aduan.

Sebenarnya hanya dedikasi perawatan dan latihan yang dapat menentukan ayam aduan tampil maksimal dalam pertarungan yang dihadapi.

Pengertian Katuranggan

Ilmu caturangga / katuranggan merupakan ilmu warisan para sesepuh zaman dahulu dalam menilai kemampuan ayam aduan. Hingga saat ini penilaian berdasarkan katuranggan masih pro dan kontra. Banyak botoh yang mempercayai namun banyak juga yang menganggap katuranggan hanyalah mitos belaka.

Baca juga ” 5 Jenis Katuranggan Ayam Bangkok Yang Paling Dicari “.

Caturangga berasal dari kata catur yang berarti empat dan rangga yang berarti raga / fisik. Jadi pada zaman nenek moyang kita, mereka menjadikan caturangga / katuranggan sebagai pedoman dalam menilai kemampuan ayam bangkok dalam hal bertarung.

Berikut inilah keempat bagian raga / fisik yang dijadikan pedoman dalam menilai kemampuan ayam aduan berdasarkan ilmu caturangga / katuranggan :

  • Kepala

Kepala ayam aduan merupakan bagian pertama dari katuranggan dalam menilai ayam aduan. Berdasarkan ilmu tersebut bentuk kepala ayam aduan harus mirip buah pinang, sorot mata harus tajam. Selain itu harus memiliki paruh yang runcing berukuran sedang ( paruh tidak boleh besar ).

  • Badan

Badan ayam aduan yang bagus berisi tulang yang besar, padat dan kuat disertai otot-otot yang tumbuh sempurna.

  • Bulu

Menurut ilmu katuranggan bulu ayam bangkok berkualitas harus kasar dan lebat namun terlihat mengkilap. Sebaliknya jika berbulu halus itu menandakan ayam tersebut tidak tahan pukulan.

  • Kaki

Dalam ilmu katuranggan disimpulkan ayam aduan berkualitas baik dengan pukulan yang mematikan harus memiliki sisik yang kering dan tersusun rapi pada kedua kakinya. Memiliki jari kaki yang kecil tapi panjang dan meruncing. Taji tumbuh sempurna dekat jari belakang.

Demikianlah ‘ Pengertian Katuranggan Dalam Sabung Ayam ‘ ini kami jelaskan. Semoga dengan artikel ini kita dapat lebih memahami ilmu katuranggan dalam dunia ayam aduan. Semoga bermanfaat bagi semua penghobi sabung ayam.