Berita Sabung Ayam

Pengobatan Ayam Penyakit Ayam berak Putih dan Darah

Pengobatan Ayam Penyakit Ayam berak Putih dan Darah

Sabung Ayam Online – Pengobatan ayam penyakit ayam berak putih dan berak darah. Kami Juara303.biz memberikan solusi terbaik dalam mengatasi penyakit tersebut. Di jelaskan beberapa cara pengobatan sebagai berikut :

Pengobatan Ayam Penyakit Ayam berak Putih dan Darah


Berak Putih

Berak putih. Penyakit ini disebut juga pullorum atau salmonellosis. Penyebabnya adalah bakteri Salmonella pulloum. Disebut berak kapur karena kotoran ayam yang menderita penyakit ini menjadi encer dan berwarna putih menyerupai kapur. Sifat penyakit ini sangat menular dan bisa mengakibatkan kematian pada anak ayam umur tiga bulan. Beberapa cara mengatasi:

1. Obat yang bisa diberikan adalah bawang putih, ini merupakan obat alami atau tradisional sebagai antibiotik untuk membasmi bakteri yang terdapat pada saluran pencernaan. Untuk pemberiannya sendiri terbilang mudah, cukup siapkan bawang putih secukupnya lalu diiris kecil-kecil kemudian diberikan pada ayam yang terkena penyakit ini pada waktu pagi dan sore hari atau tergantung seberapa parah penyakit tersebut. Selain untuk obat, bawang putih juga bisa digunakan sebagai pencegah, jadi untuk mengantisipasi ayam kalian terserang penyakit bisa diberikan bawang putih ini.

2. Pengobatan Berak Kapur dilakukan dengan menyuntikkan antibiotik seperti furozolidon, coccilin, neo terramycin, tetra atau mycomas di dada ayam. Obat-obatan ini hanya efektif untuk pencegahan kematian anak ayam.

3. Untuk menekan angka kematian anak ayam yang sudah terserang pullorum bisa digunakan antibiotik Neoterramycin 25 Soluble Powder. Takarannya, setiap 2 gram dicampur dengan 1 liter air minum. Antibiotik ini diberikan selama 3 hingga 5 hari. Sementara itu, obat untuk penyakit berak putih diberikan selama masih dibutuhkan. Cara pemberiannya bergantung pada tingkat keparahan penyakit, yakni dicampurkan ke dalam air minum jika penyakit ringan, diteteskan jika penyakit sedang, atau disuntikkan jika penyakit sudah parah. 


Berak Darah

Berak darah. Penyakit ini sering disebut dengan koksidiosis. Penyebabnya adalah jenis protozoa Eimeria sp. Gejala khas penyakit ini adalah feses (kotoran) dari ayam yang terserang mengandung darah. Darah tersebut berasal dari usus yang luka akibat permukaannya ditembus oleh koksidia (bibit penyakit penyebab koksidiosis). Beberapa cara mengatasi:

1. Pemberian sayur seperti bayam yang mengandung vitamin A dan K tersebut sangat diperlukan untuk memperbaiki sel-sel mukosa usus yang rusak dan menghentikan perdarahan.

2. Pemberian obat herbal patikan kebo dan Herbavit Plus atau ProHerbal Plus MB Broiler akan mempercepat proses penyembuhan. Kandungan herbal dan vitamin yang terdapat pada Herbavit Plus akan membantu pembasmian mikroorganisme patogen lain (infeksi sekunder) pada unggas dan kandungan vitamin akan mempercepat proses penyembuhan dan meningkatkan immunitas unggas.

3. Salah satu tanaman yang dapat digunakan sebagai obat alternatif untuk mengatasi berak darah adalah patikan kebo (Euphorbia hirta L). Tanaman ini dapat ditemukan diberbagai daerah di Indonesia yang mempunyai banyak nama. Antara lain: kukon-kukon, patikan (Jawa), kak sekak (Madura), daun biji kacang (Melayu), gelang susu, gendong anak (Jakarta), nanangkaan (Sunda), sosononga (Halmahera), isu mabi (Ternate) dan isu gibi (Tidore).

4.  Dikasih minyak ikan hiu (squilen kalo ga salah namanya) sama disuapin papaya.

5.  Atau pakai Tetra Chlorine yang bisa langsung di lolohkan pada mulut ayam. Selain itu, ada juga obat yang bisa dicampurkan pada air minumnya, yaitu dengan merek Trisula Zuco, tapi  baca dulu petunjuk pemakaiannya, apa saja fungsinya serta dosis yang cocok untuk ayam aduan tersebut.

Demikianlah artikel dari tim juarasabungayam.org mengenai Pengobatan Ayam Penyakit Ayam berak Putih dan Darah ini kami uraikan. Semoga bermanfaat.

Related Post